telkomsel halo

30 kreator lokal pamer kreasi di MAKERFEST 2018

11:57:49 | 08 Jul 2018
30 kreator lokal pamer kreasi di MAKERFEST 2018
JAKARTA (IndoTelko)  – Sebanyak 30 kreator lokal dari Jakarta dan sekitarnya mendapatkan kesempatan untuk menjual dan mempresentasikan ide uniknya kepada masyarakat lewat festival MAKERFEST City Big Bang, yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juli di Taman Bintaro XChange, Tangerang.  

Kreasi yang dihadirkan tergolong beragam, mulai dari produk fashion, aksesoris, peralatan rumah tangga, bahkan moda transportasi seperti sepeda yang dihadirkan dengan konsep dan material yang unik.

Selain bazaar, workshop dan kompetisi, MAKERFEST bekerja sama dengan TopCommunity (sebutan komunitas seller Tokopedia) Jakarta turut menyelenggarakan program  bantuan sosial untuk komunitas difabel yang tergabung di Yayasan Wisma Cheshire. Dalam kesempatan ini,  MAKERFEST dan TopCommunity memberikan pelatihan serta bantuan alat produksi untuk pembuatan produk kerajinan tangan.

Vice Chairman MAKERFEST 2018 Melissa Siska Juminto menjelaskan bahwa hadirnya MAKERFEST diharapkan dapat mendorong UMKM, khususnya kreator lokal, agar mampu semakin naik kelas.

“MAKERFEST hadir sebagai panggung online dan panggung offline bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Kami berharap ajang ini mampu berkontribusi terhadap penciptaan ekosistem bisnis yang lebih kondusif, sehingga lebih banyak lagi usaha kecil yang dapat tumbuh menjadi industri lalu dari industri menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia,” jelas Melissa.

Melissa melanjutkan edukasi bisnis berbasis digital merupakan salah satu semangat yang diangkat dalam MAKERFEST. “Semoga melalui program ini, kami dapat menemukan serta mengasah bakat dan kemampuan lebih banyak lagi kreator lokal Indonesia, tidak terkecuali kreator lokal berkebutuhan khusus seperti di Cheshire,” katanya.

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sendiri memiliki peranan strategis sebagai penggerak perekonomian masyarakat Indonesia. Upaya-upaya dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi para pelaku UMKM pun terus digalakkan pemerintah, namun kompleksitas pengembangan UMKM Indonesia tidak dapat menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan perlu dukungan dari berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai ibukota negara dengan pergerakan aktivitas perekonomian yang tinggi, Jakarta menawarkan peluang usaha yang sangat besar bagi kreator lokal. Perdagangan besar dan eceran merupakan sektor terbesar dalam perekonomian, mencapai 453.812 atau 36,73% dari total usaha yang ada di Jakarta.   

Berdasarkan data Tokopedia, pertumbuhan seller di Jakarta dan sekitarnya mencapai lebih dari 100 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Produk kreatif seperti pakaian olahraga, mainan anak, dan peralatan rumah tangga masih menjadi produk yang paling banyak dijual dan dicari di Jakarta.

Data tersebut memperlihatkan bahwa masih terdapat peluang besar bagi kreator Jakarta untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform penjualan online dalam memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Salah satu kolaborator MAKERFEST 2018 Jakarta, Owner NoonaKu Signature, Florentia Jeanne mengatakan kini ekosistem UMKM sudah jauh lebih kondusif.

NoonaKu Signature adalah bisnis fashion wanita yang menyediakan produk dan jasa sandang murah berkualitas untuk rakyat Indonesia.

“Jatuh bangun tentu dirasakan saya dan adik saya dalam merintis bisnis. Apalagi dulu jual beli online masih dianggap pekerjaan yang kurang menjanjikan. Semoga melalui MAKERFEST, semakin banyak kreator lokal yang terdorong untuk memulai dan mengembangkan usahanya, sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat,” katanya.

MAKERFEST sejauh ini sudah hadir di Medan, Padang dan Jakarta dan akan datang di 5 kota, termasuk Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di setiap kota, MAKERFEST memberikan edukasi dan pendampingan usaha sehingga kreator lokal mampu lebih siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan, termasuk dalam hal strategi bisnis, branding, pemasaran dan permodalan.

Di puncak acara MAKERFEST pada Desember mendatang, tiga kreator lokal terbaik dari Jakarta dan sekitarnya akan berkompetisi dengan 21 kreator lokal terpilih dari kota-kota lainnya.

Mereka akan memperebutkan hadiah utama berupa modal usaha sebesar Rp 1 miliar, juga pendampingan usaha dalam bentuk konsultasi branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional, serta akses ke pameran dan jalur distribusi internasional.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year