telkomsel halo

Posindo siap bersaing di era eCommerce

10:36:49 | 20 Apr 2018
Posindo siap bersaing di era eCommerce
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pos Indonesia (Posindo) siap bersaing merebut pasar layanan logistik di era eCommerce yang tengah menjamur di Indonesia.

Saat ini Indonesia telah menjadi pasar terbesar e-commerce di kawasan Asia Tenggara. Tahun lalu, akibat dinamika eCommerce, kapitalisasi untuk jasa kurir sudah mendekati Rp50 Triliun. Kondisi itu dinilai menjadi peluang pelaku jasa logistik untuk bersaing dan tumbuh menjadi besar. Apalagi, kondisi geografis Indonesia membutuhkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi.

"Tantangan bisnis logistik di Indonesia adalah kondisi geografis. Berbeda dengan negara lain seperti Singapura, Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau menjadi tantangan dalam hal mobilitas penyelenggara pos. Hal ini menjadi tantangan, di internal kompetensi harus ditingkatkan, selain itu kita mengadopsi perkembangan terbaru. Kita juga mendorong para pegawai pos untuk melek teknologi,” ungkap Direktur Jasa dan Kurir Pos Indonesia Agus Handoyo, kemarin.

Menurutnya, peluang untuk tumbuh besar dari semua pelaku jasa logistik masih terbuka. “Pertumbuhan dan peluang e-commerce di sisi logistik sangat besar. Industri logistik potensinya cukup besar, bukan hanya tumbuh hebat tapi eksplosif. PT Pos dan penyelenggara pos lainnya bisa bersaing dan bersanding dengan yang lain untuk sama-sama besar,” ungkapnya.

Deputi Bidang Organisasi Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) Trian Yuserma menilai bisnis logistik sudah siap dalam menghadapi era eCommerce yang berkembang pesat.

“Dari aspek regulasi dan turunannya sudah cukup untuk siap. Pertumbuhan eCommerce yang massif memberikan kontribusi pada perkembangan penyelenggara pos. Besarnya market place membutuhkan penyelenggara pos yang punya jangkauan luas dan pelayanan prima,” jelasnya.

Direktur Pos Ditjen PPI Ikhsan Baidirus, Pemerintah mendukung perkembangan bisnis logistik dan penyelenggara pos. Hal itu dilakukan dengan cara menekan waktu perizinan dan memudahkan penyelenggara pos.

“Kita ingin mengidentifikasi peluang, hambatan dan tantangan yang akan menjadi kunci buat strategi ke depan. PT Pos bersama dengan penyelenggara pos lainnya harus bersaing dalam meningkatkan layanan prima kepada masyarakat.Selain itu kita juga mendorong pos logistik bersama UMKM saling memperkuat,” jelasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year