telkomsel halo

Ini 12 `Cuitan` di Twitter yang Indonesia Banget

10:45:00 | 23 Mar 2018
Ini 12
JAKARTA (IndoTelko) - Twitter mencatat 12 hal yang "dicuitkan" oleh warganet selama 12 tahun terakhir yang dinilai mewakili "rasa" Indonesia.

Sejak 2006, Twitter telah menjadi saksi beragam momen penting yang terjadi di Indonesia mulai dari cerita inspiratif perjalanan seseorang menjadi sukses, lahirnya para kreator konten, maraknya pesta demokrasi, serta kegiatan sosial yang mengharukan dan peristiwa menarik lainnya yang terjadi di Twitter.

Namun, tidak semuanya harus selalu serius. Pengguna Twitter di Indonesia sangat senang dengan informasi seputar dunia hiburan, meme lucu, kisah nyata yang jenaka; hingga hiburan lainnya yang menakjubkan, aneh namun menghibur.

Berikut adalah 12 jenis akun yang “Indonesia banget” di Twitter yang terus menciptakan interaksi dan percakapan menarik:

1. Komunitas Sepak Bola Terseru - @infosuporter
Rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap sepak bola tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari dukungan untuk klub lokal, liga asing, Piala Dunia, hingga percakapan mengenai pemain baru, pengguna Twitter bersatu di platform ini untuk menunjukkan rasa cinta mereka terhadap olahraga ini.

Ada banyak sekali akun mengenai sepak bola dengan ribuan hingga jutaan pengikut (@persib dengan 3.18 juta pengikut dan @utdIndonesia dengan 1.2 juta pengikut). Ada juga akun-akun yang tidak terikat dengan klub atau liga manapun seperti @infosuporter dan @indosoccer (yang kemudian menjadi media online pada tahun 2015) yang berbasis komunitas dan didesain sebagai penyambung terkait semua hal mengenai sepak bola.

Dengan adanya ajang-ajang besar yang akan terjadi terkait sepak bola seperti Liga 1, Asian Games dan Piala Dunia, percakapan mengenai sepak bola pun dapat dipastikan akan berlanjut sepanjang tahun.

2. Drama Transportasi Online - @CeritaTranspOL ‏  #dramaojol)
Ketika disrupsi teknologi terjadi pada sektor transportasi, banyak kemudahan dirasakan pengguna transportasi umum. Hal ini mengubah cara konsumen menggunakan ponsel pintar dan juga lanskap industri transportasi di Indonesia.

Dengan naiknya penggunaan aplikasi jasa pemesanan dan penggunaan kendaraan online, cerita menarik dari pengguna dan pengemudi pun mulai membanjiri sosial media. Akun dengan nama awal “Drama Uber Nasional” yang kemudian berubah menjadi  @CeritaTranspOL (Cerita Transportasi Online), menampilkan cerita-cerita lucu, menyentuh dan kadang serius, yang dicuitkan oleh para pengguna.

Cerita yang terkumpul menggambarkan momen-momen canggung pada awal penggunaan transportasi online hingga momen-momen menarik yang terjadi akhir-akhir ini.

3. Pejabat Pemerintah Favorit Masyarakat - @jokowi, @ganjarpranowo, @susipudjiastuti, @ridwankamil
Di tengah ramainya pesta demokrasi di Indonesia; terutama mendekati ajang Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilihan Presiden 2019; semua media dan media sosial menjadi pusat informasi baik itu untuk konten politik (hiburan politik), pejabat pemerintah yang paling banyak diikuti dan disayangi media, dan masih banyak lagi.

Kehidupan pribadi, langkah politik dan ucapan mereka akan terus menjadi sorotan. Pejabat pemerintah Indonesia sudah semakin banyak yang membuat akun Twitter pribadi dan memanfaatkan platform ini untuk berbicara langsung dengan para pendukung dan masyarakat umum. Hal ini mendorong masyarakat untuk menyuarakan keprihatinan, keluhan, atau pujian secara langsung seolah-olah mereka bertemu pejabat tersebut secara tatap muka.

4. Melayani Masyarakat dengan Senyuman - @_TNIAU @ditjenpajakri, @Kemdikbud_RI, @bank_indonesia
Konten lucu dan cerdas selalu menarik perhatian orang Indonesia. Platform Twitter memiliki akun-akun lucu yang selalu mencuitkan konten bernuansa humor. Uniknya, akun-akun ini merupakan akun resmi lembaga pemerintah seperti TNI Angkatan Udara dan Direktorat Jenderal Pajak. Mereka membanjiri linimasa Twitter dengan cuitan yang tidak hanya informatif, tapi juga menghibur. Mereka memiliki strategi jitu untuk membuat orang tertawa dengan mengomentari hal-hal serius dan sinis dengan selera humor yang menghibur.

5. Horor dengan Kearifan Lokal - @InfoMemeTwit
Kita bisa tersenyum atau heran saat membaca cerita supranatural Indonesia, terlebih karena negara kepulauan ini dipenuhi dengan cerita unik dan/atau tradisional, baik di daerah pedesaan maupun di perkotaan. Setiap orang Indonesia dari semua lapisan masyarakat memiliki cerita horor yang kadang sangat aneh dan tidak masuk akal, tapi selalu menarik untuk diceritakan kembali kepada orang lain.

Twitter adalah platform terbaik untuk berbagi cerita dimana antusiasme membaca cerita berpusat dari tanggapan yang cepat oleh sesama pengguna, ditambah dengan cuitan horor anda sendiri. @InfoMemeTwit mendokumentasikan kisah-kisah mistis yang seringkali menghibur di akun mereka dan tidak butuh waktu lama untuk akun mereka mengumpulkan ribuan pengikut.

6. Komunitas Jalan-Jalan - @TravellerKaskus
Berbicara mengenai pariwisata, Indonesia memiliki banyak tempat indah yang belum pernah dikunjungi oleh kebanyakan orang Indonesia. Berkat sifat real-time dari Twitter, sekelompok penggemar perjalanan yang terpisahkan oleh ribuan kilometer jaraknya, berhasil membuat jaringan wisatawan yang tidak hanya berbagi informasi tentang kota, pulau, budaya dan acara lokal mereka tapi juga cara yang paling mudah dan paling terjangkau untuk kesana.

@TravellerKaskus menjadi jendela untuk mengetahui keindahan negara kepulauan Indonesia bagi para pengikut mereka yang belum mempunyai kesempatan untuk menjelajahi keindahan tersebut. @TravellerKaskus juga mewujudkan semangat gotong royong dalam sebuah buku berisikan foto-foto pemandangan Indonesia yang dikumpulkan dari jaringan mereka di Twitter, yang bahkan tidak pernah bertemu dalam kehidupan nyata.

7. Cerita Komedi - @hati2diInternet, @yeahmahasiswa, @PEMBIMBINGUTAMA, @MajelisLucu, @JurigLagu
Setelah seharian bekerja keras di kantor atau belajar di sekolah, pengguna Twitter di Indonesia menghibur dirinya dengan komedi ringan yang mungkin sulit dipahami oleh kebanyakan generasi tua dan orang asing. Akun-akun ini adalah contoh utama tentang jenis komedi ringan (atau acap disebut lawakan receh) yang digemari oleh pengguna Twitter lokal. Cuitan komedi dengan Retweet banyak seringkali dibuat hanya dengan beberapa baris sederhana.

8. Dangdut adalah Musik dari Indonesia - @viavallen01, @DA2_Ridho, @DA2_Rizki, @Lesti_Jenong_DA
Dangdut telah ada di sekitar kita sejak tahun 1930-an dan mulai sering terdengar pada tahun 1970-an ketika masyarakat Indonesia mulai menonton televisi. Dangdut pun di beberapa dekade terakhir ini telah berhasil mencuri perhatian Indonesia dengan banyaknya acara Dangdut di televisi nasional dan telah melahirkan banyak talenta Dangdut berbakat.

Saat ini, banyak artis dangdut yang memanfaatkan kekuatan Twitter dengan sifatnya yang real-time dan interaktif untuk dapat terhubung dengan para penggemar mereka, mendapatkan lebih banyak penggemar dan menjadikan nama mereka sebagai trending topic serta berbagi informasi mengenai karya maupun kehidupan pribadi mereka. Tidak hanya itu, banyak kontes dangdut yang juga mengandalkan Twitter sebagai platform untuk melakukan pemungutan suara.

9. Ulasan Perfilman ala Warganet - @CenayangFilm, @teppy87, @ScreenSaversID
Mirip dengan negara lain, film adalah bentuk hiburan paling populer. Tidak hanya film-film Hollywood saja yang banyak ditonton, Bollywood juga mulai menjadi pilihan bahkan untuk film yang diproduksi secara lokal. Orang-orang di industri film lokal mengklaim bahwa beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan popularitas film lokal dan ini didukung oleh data dari Box Office.

Ada banyak sekali ulasan film dari para ahli untuk setiap film baru. Namun orang Indonesia senang mendengar ulasan film dari sudut pandang orang "biasa" termasuk ulasan positif dan ulasan negatif. Maka dari itu, beberapa akun mencoba memberikan ulasan terhadap berbagai film di Indonesia dengan cara mereka sendiri. Ulasan yang datang bukan dari para ahli justru berhasil menarik perhatian banyak pengguna dan menimbulkan percakapan viral.

10. Pusat Informasi Seputar Public Figure - @InfoTwitwor, @makLambeTurah
Tidak ada yang mengalir lebih cepat dibandingkan gosip atau berita seputar dunia hiburan. Dua akun ini terkenal dengan cara mereka mengabadikan momen-momen yang mungkin tidak berharga untuk sekelompok orang namun sangat hangat dan menarik bagi yang lainnya.

@InfoTwitwor memetakan “Perang Cuitan” antara pengguna Twitter yang dianggap lucu atau mengagetkan antara figur yang terkenal atau tidak. Sementara itu @makLambeTurah lebih fokus kepada pemberitaan tentang public figures dan selebriti yang kebanyakan bersumber dari konten buatan pengguna yang mereka Retweet.

11. Sang Peramal - @TweetRAMALAN
Orang-orang skeptis di antara kita mungkin menolak gagasan mengenai kemampuan psikis dan menganggap itu sebagai omong kosong belaka, namun masih banyak orang Indonesia yang percaya akan hal itu. Dengan cepatnya pertumbuhan penggunaan media sosial, orang menjadi semakin praktis dan lebih memilih untuk mengkonsumsi konten apa pun secara online, termasuk ramalan. Hal ini ditunjukkan oleh akun

@TweetRamalan yang sering memberikan ramalan mereka berdasarkan berbagai hal seperti zodiak dan golongan darah. Akun yang berfokus pada peramalan di Twitter ini pun langsung menjadi besar dan diikuti oleh lebih dari 13 juta pengguna.

12. Panduan bagi penggemar film - @cinema21, @CGV_ID
Industri perfilman Indonesia semakin menarik, belum lagi jumlah film Box Office internasional yang signifikan termasuk nama besar seperti DC Comics, Marvel dan Star Wars yang secara konsisten membanjiri kita dengan film-film terbaru mereka. Meski TV masih menjadi platform hiburan elektronik nomor 1 di Indonesia, orang Indonesia memperlakukan aktivitas menonton film di bioskop sebagai kesempatan yang spesial.

Orang Indonesia sudah terbiasa memeriksa update film terbaru melalui media sosial untuk merencanakan kegiatan akhir pekan mereka. Oleh karena itu akun Twitter Cinema 21 dan CGV ID telah diikuti oleh mayoritas orang Indonesia masing-masing dengan 11,1 juta dan 4,33 juta pengikut. Fakta ini sangat fenomenal mengingat di banyak negara lain, akun bioskop tidak memainkan peran penting seperti itu dengan jumlah pengikut yang tidak begitu banyak.

Twitter adalah tempat di mana pengguna lebih mudah menemukan informasi tentang kejadian yang terjadi secara real-time. Twitter adalah tempat bagi banyak orang  untuk melihat berbagai sisi dari sebuah opini atau isu. Dari berita dan hiburan hingga olahraga dan politik - dari peristiwa besar hingga kejadian sehari-hari dengan semua percakapan real-time yang membuat Twitter unik.

Pengguna Twitter di Indonesia terus membuat platform ini menjadi lebih menarik dan relevan untuk mereka dengan memanfaatkan sifat Twitter yang real-time - yang kemudian digabungkan dengan budaya lokal. Hal inilah yang menciptakan karakter-karakter unik di Twitter.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year