Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

BRI gandeng Lazada bawa UKM GO Digital

09:58:03 | 01 Mar 2018
BRI gandeng Lazada bawa UKM GO Digital
Suasana kerjasama BRI-Lazada.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kembali mendorong penguatan segmen usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dengan menjalin kerjasama dengan Lazada dalam hal pengembangan UMKM di Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank BRI dan Lazada tentang Layanan Perbankan dan Dukungan Event yang bertema UPGRADEUKM yang ditandatangani langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Co-Chief Executive Officer (Co-CEO) Lazada Indonesia Florian Holm, Rabu (28/2).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, dan Direktur Konsumer Bank BRI Handayani.

“Suatu hal yang membanggakan bagi Bank BRI dapat bekerja sama dengan perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Lazada. Kami akan terus melakukan kerjasama dengan sektor swasta agar mampu menjangkau pelaku bisnis UMKM di seluruh Indonesia,” ungkap Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto, kemarin.

Jasa dan layanan perbankan yang akan dikerjasamakan oleh Bank BRI dan Lazada adalah melalui sistem pembayaran bagi pelanggan Lazada yang dapat dilakukan melalui kartu kredit Bank BRI dan jaringan e-channel Bank BRI : Internet Banking, ATM, dan EDC Bank BRI yang terhubung secara realtime online.

Kerjasama ini nantinya juga akan membantu nasabah UMKM BRI dan merchant yang saat ini menjadi anggota di Lazada. Hal ini, mencakup jasa layanan perbankan, pengembangan UMKM, dan penyaluran KUR ke seluruh Indonesia. “ini untuk memperkuat penetrasi bisnis pada sektor UMKM di Indonesia. ” kata Sis Apik.

Selain itu, untuk mendukung dan mempercepat peningkatan daya saing UMKM di pasar domestik dan global, Bank BRI dan Lazada juga menyetujui dalam Nota Kesepahaman terkait dukungan pelaksanaan event UPGRADEUKM yang rencananya akan dilaksanakan di 29 Kota di seluruh Indonesia. 

“Bank BRI dan Lazada mendukung usaha berkelanjutan bagi pelaku UMKM agar terus naik kelas. Salah satu usahanya adalah dengan berkomitmen mendukung event UPGRADEUKM yang digelar di beberapa kota di Indonesia,” tutur Sis Apik Wijayanto.

Event UPGRADEUKM merupakan rangkaian roadshow dalam usaha memberikan fasilitas kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan potensi usaha UMKM lokal yang ada di Indonesia. Di setiap kotanya Bank BRI dan Lazada akan melaksanakan Seminar, Coaching, Motivasi, dan Forum Diskusi mengenai pengembangan dan edukasi bisnis eCommerce.

Telkom Marketing 2
“Sekarang atau nanti, suka tidak suka, sistem harus kita ubah dari Business to Consumer (B2C) System menjadi Consumer to Consumer (C2C) System, sehingga pemerintah membutuhkan pelaku usaha baru agar UMKM ini bisa terus berkembang," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Ditegaskannya, pemerintah tidak bisa menolak perusahaan asing yang ingin memperluas pasar dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan di Indonesia. Bahkan menurutnya, melalui kerja sama itu, Indonesia memiliki kesempatan memperluas pasar ekonomi digital.

Angkasa Pura 2
“Kami meminta bantuan Lazada untuk membantu aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia dengan melakukan survei mengenai produk apa yang sedang dibutuhkan saat ini agar dapat dicarikan UMKM yang sesuai sehingga mampu menambah nilai jual ekspor,” tambahnya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma