telkomsel halo

Kala berzakat cukup dengan sentuhan jari

05:20:13 | 24 Jun 2017
Kala berzakat cukup dengan sentuhan jari
JAKARTA (IndoTelko) – Zakat merupakan hal yang wajib ditunaikan oleh  umat Islam yang mampu untuk menyucikan harta dan jiwa, serta mengulurkan bantuan kepada sesama yang membutuhkan.

Pemberi zakat ataupun sedekah di bulan Ramadan pun dipercaya akan mendapatkan pahala yang berlipat. Seiring perkembangan teknologi, untuk  menunaikan ibadah zakat tak lagi ribet, cukup sentuhkan jari di gadget, maka zakat pun terbayar.

Pemain eCommerce selama Ramadan ini banyak menggandeng  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk mendukung layanan zakat online ini. Tercatat pada 2016, sebanyak 75% dari Rp 230 miliar zakat yang berhasil dihimpun oleh Rumah Zakat didapat dari donasi dan zakat online.

Zakat online sendiri adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui sistem online/digital, dimana pemberi zakat dan dan penerima zakat tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat.

Sistem online ini diadakan untuk memberikan kemudahan bagi para wajib zakat (muzzaki) dan demi meraih pangsa pasar yang lebih luas karena pelayanan pembayaran zakat dilakukan melalui berbagai metode baik itu internet banking, e-money, virtual account, EDC, dan yang terbaru adalah melalui platform eCommerce.

Misalnya yang Kaskus dan Elevenia belum lama ini. Kaskus menghadirkan layanan pembayaran zakat maal, zakat profesi dan sedekah online yang bisa diakses di microsite ramadan.kaskus.co.id.

“Di bulan Ramadan ini, kami ingin memfasilitasi Kaskuser yang ingin membayarkan zakat dan sedekah untuk membantu sesama dengan mudah secara online dan melalui pihak yang kredibel serta transparan. Jadi diharapkan tidak ada keraguan lagi bagi Kaskuser yang mau membayarkan zakatnya karena pasti akan disalurkan ke pihak - pihak yang betul membutuhkan karena kami juga akan kirimkan laporan secara jelas kepada Kaskuser yang berpartisipasi setelah zakat disalurkan,” ujar  Chief Marketing Officer KASKUS Ronny W. Sugiadha, belum lama ini.

GM Brand & Strategy elevenia Bayu S. Tjahjono mengungkapkan elevenia mengalami peningkatan jumlah partner lembaga donasi menjadi sebanyak tujuh lembaga. Selain Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa, lima lembaga lain yang memberikan kepercayaannya kepada elevenia adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Qur’an, Aksi Cepat Tanggap (ACT), SOS Children’s Villages Indonesia, dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

“Selama tiga tahun terakhir, elevenia membuka kesempatan berdonasi dan berzakat kepada orang-orang yang kurang beruntung. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan lembaga donasi. Seperti di tahun ini, elevenia menjadi eCommerce yang paling banyak berpartner dengan lembaga donasi dengan bergabungnya tujuh lembaga donasi besar di platform kami,” ujarnya.

Diharapkannya, donasi yang terkumpul di elevenia bisa naik sampai lebih dari 2 kali lipat dibanding dengan tahun lalu. Jika dibanding dengan bulan-bulan biasanya, pengumpulan zakat dan donasi di bulan Ramadan bisa naik sampai hampir 4 kali lipat.

Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakanata mengatakan adanya sistem pembayaran  yang transparan dan aman menjadi pendukung berjalannya program zakat online ini.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan  badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No 8 Tahun 2001. Baznas bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah pada tingkat nasional dimana bertanggung jawab langsung kepada Presiden melalui Menteri Agama.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year