telkomsel halo

Gapura Digital bisa tingkatkan kemampuan UKM

09:32:09 | 17 May 2017
Gapura Digital bisa tingkatkan kemampuan UKM
Produk UKM(dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyakini program Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (Gapura) Digital yang diinisasi Google bisa meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Kecil dan Menengah di era digital.

“Apresiasi untuk Google. Ini adalah suatu usaha yang diinisiasi Google untuk bagaimana meningkatkan aktifitas perekonomian kita di Indonesia,” kata Menkominfo Rudiantara seperti disiarkan laman resmi Kominfo.

Program Gapura Digital tersebut ditujukan untuk membantu para pelaku UMKM memiliki kesiapan berkembang di lingkungan bisnis dalam dunia digital, sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan GDP dan perekonomian Indonesia.

Dikatakannya, program tersebut sejalan dengan rencana pemerintah dalam pengembangan UMKM. “Pemerintah sekarang memang sedang fokus mengembangkan UMKM. Ini harus jadi bagian dari perkembangan ekonomi, khususnya ekonomi digital,” katanya.

Rudiantara pun melontarkan tantangan bagi Google untuk melaksanakan program Gapura Digital tersebut di daerah-daerah terluar Indonesia, setelah Palapa Ring rampung.

“Kalau kita berhasil di Desember, saya challenge Google untuk adakan Gapura Digital misalnya di Natuna,” tantang Rudiantara.

Google resmi mengumumkan dimulainya Gapura Digital di 10 kota di Indonesia. Ini adalah sebuah program training gratis yang ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM).

Sejak peluncurannya di tahun 2014, Gapura telah menjangkau 7.000 UKM di enam kota di Indonesia sebagai usaha untuk membantu para pemilik UKM memperkenalkan merek mereka di Internet, dan memberikan tips untuk memaksimalkan internet dalam mengembangkan usaha mereka.

Lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru.

Sebuah riset dari Deloitte Access Economics menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka mendapatkan sampai dengan 80% peningkatan pendapatan.

"Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Kami telah mendukung lebih dari 700.000 bisnis online dan melalui Gapura Digital, kami akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan kemampuan internet," ucap Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen.

Kelas pertama akan diadakan pada Mei 2017 di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, bekerja sama dengan sejumlah penyedia co-working space di kota-kota tersebut. Kelas-kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan.

Pelatihan ini diberikan gratis dan siapa pun dapat mendaftar di g.co/gapuradigital. Melalui pelatihan ini, peserta akan mempelajari beragam informasi untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka.(wn)      

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year