telkomsel halo

Penyegaran Cipika akan tuntas di akhir Maret 2017

09:37:05 | 06 Mar 2017
Penyegaran Cipika akan tuntas di akhir Maret 2017
Carlos Karo Karo (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo memperkirakan penyegaran dari eCommerce cipika.co.id (Cipika) yang dirancang sejak tahun lalu akan tuntas pada akhir Maret 2017.

"Akhir Kuartal I atau Maret mendatang kita akan perkenalkan wajah baru dari Cipika.co.id. Tak lagi jualan oleh-oleh, tetapi sudha fokus ke gadget dan elektronik dengan model bisnis yang berubah sama sekali," ungkap Division Head eCommerce Indosat Ooredoo Carlos Karo Karo kepada IndoTelko, pekan lalu.

Ditegaskannya, dengan wajah baru dari cipika maka resmi meninggalkan model bisnis Business to Consumer (B2C), tetapi mengadopsi pola business to business to consumer (B2B2C). "Cipika lebih kepada platform online dari mitra Indosat selama ini yang berjualan gadget. Jadi, ini semacam empowering agen dari Indosat. Pakai platform kita untuk pemesanan, nati mereka menjual lagi barangnya secara offline," ulasnya.

Salah satu konsekuensi dari model bisnis baru ini adalah jumlah merchant yang berkurang menjadi sekitar lima puluhan nantinya di Cipika dan Key Performance Indicator (KPI) lebih kepada gross merchandise volume (GMV) dan Stock Keeping Unit. "Kita sudah tak lihat pageviews dan lainnya. Wong target sudah jelas kok. Sekarang sedang development testing terus, akhir Maret akan lebih ketahuan detailnya," tutupnya. (Baca: Cipika dari Indosat)

Sebelumnya, Indosat mengaku portal eCommerce ini dikunjungi 68 ribu pelanggan per bulannya. Cipika memiliki 6,5 juta pageviews dimana 36% diakses melalui mobile dan sisanya desktop dengan waktu per session 4 menit. Stock Keeping Unit (SKU) 1 juta unit. Cipika melayani 41 ribu transaksi denngan Average Order Value atau pendapatan per pelanggan Rp 301 ribu.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year