telkomsel halo

Ini saran bos Telkomtelstra agar layanan eCommerce tidak bermasalah

11:27:08 | 04 Mar 2017
Ini saran bos Telkomtelstra agar layanan eCommerce tidak bermasalah
Erik Meijer (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Tiga eCommerce papan atas di Indonesia mengalami insiden pada awal Maret ini.

Layanan eCommerce dari Tokopedia, Bukalapak, dan JD.ID sempat bermasalah tak bisa diakses oleh pengunjung karena situsnya down lebih dari beberapa jam lamanya. Pemicunya adalah bermasalahnya layanan data center yang digunakan tiga eCommerce itu. (Baca: Layanan eCommerce bermasalah)

Presiden Direktur Telkomtelstra Erik Meijer pun angkat suara terkait insiden yang sempat bikin heboh dunia maya itu. “Berangkat dari isu network down seperti yang telah dialami beberapa perusahaan online belakangan ini, saya yakin bahwa solusi Disaster Recovery as a Service (DRaaS) menjadi penting dalam memiliki back-up solutions untuk critical systems," kata Pria yang akrab disapa EM itu kepada IndoTelko, Sabtu (4/3).

Menurutnya, layanan DRaaS ini menjadi sangat penting karena saat ini Cloud, Data Center, Network dan lain sebagainya menjadi critical system bagi hampir semua lini bisnis di jaman digital seperti sekarang, apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bisnis online, eCommerce, dan lainnya.

"Cloud Services yang telah disediakan oleh telkomtelstra, baik Private maupun Hybrid Cloud, bisa digunakan juga untuk membuat sistem Disaster Recovery yang sangat cepat, aman dan flexible serta efisien biaya, dan bisa juga digunakan as a Service fully managed by telkomtelstra,” sarannya.

Diungkapkannya, produk Cloud-enabled Protection dari Telkomtelstra bisa untuk melindungi dan dan extend data center dengan dua teknologi yang tersedia dari Microsoft Azure: Telkomtelstra Disaster Recovery (DRaaS – Disaster Recovery as a Service) dan Telkomtelstra Backup (BaaS – Backup as a Service). (Baca: Cloud dari Telkomtelstra)

Disaster Recovery melindungi aplikasi milik pelanggan dari downtime dengan mereplikasinya ke cloud milik perusahaan patungan Telkom dan Telstra itu. Sementara Datacenter Extension adalah meng-extend data center milik pelanggan ke cloud yang dikelola Telkomtelstra.

Untuk Telkomtelstra Backup (BaaS – Backup as a Service) adalah melindungi dan back up data penting pelanggan ke cloud Telkomtelstra serta ada juga IaaS Backup yang menggunakan cloud VMs.

"Kekuatan dari Telkomtelstra adalah didukung jaringan dan infrastruktur milik Telkom serta solusi serta pengalaman yang sudah mumpuni dari Telstra. Solusi Cloud dari Telkomtelstra untuk data pelanggan di-host di Indonesia, bukan diluar negeri sehingga selaras dengan regulasi pemerintah," tutupnya.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year