Ini andalan Multipolar Technology dukung transformasi digital

09:50:19 | 03 Mar 2017
Ini andalan Multipolar Technology dukung transformasi digital
Ki-ka: Solution & Infrastructure Business Director Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto, Presales Manager F5 – Exclusive Network Indonesia, Edwardo Jahja, dan Presales Engineer – Avnet Technology Indonesia Iptahul Palah berbincang tentang solusi HPE Hyper-Converged di Jakarta, belum lama ini. (Foto:MLPT)
JAKARTA (IndoTelko)  - Teknologi informasi (TI) yang berkembang sangat pesat berdampak pula pada pola pengelolaan TI dalam suatu organisasi sehingga menjadi lebih sistematis dan praktis.

Data center dengan infrastruktur yang silo, dimana fungsi Compute, Storage dan Network yang berjalan sendiri-sendiri atau terpisah tentunya akan menyulitkan pengelolaan.

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) menjawab kebutuhan tersebut dengan menawarkan solusi HPE Hyper-Converged yang mengintegrasikan fungsi Compute, Storage dan Network dalam satu perangkat, sehingga memberikan efisiensi dan efektifitas OPERASI IT dan juga mendukung para pelaku usaha bertransformasi di era digital ini.

Solution & Infrastructure Business Director Multipolar Technology Jip Ivan Sutanto menjelaskan teknologi hyper-converged adalah solusi yang menggabungkan server, storage dan network dalam satu kesatuan solusi atau satu perangkat.

“Infrastruktur hyper-converged menjadi solusi infrastruktur komputasi virtual dalam bentuk appliance, yang menawarkan menggabungkan beberapa layanan data center dalam bentuk appliance, yang menawarkan kecepatan dan kelincahan dalam penerapan virtualisasi, mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi serta menurunkan biaya operasional,” katanya, kemarin.

Pada infrastruktur hyper-converged selain menghemat akan ruang penyimpanan, kabel, pendingin, serta listrik, pemakaian resource yang diatur oleh aplikasi juga akan memudahkan operasionalnya.

Multipolar mengolaborasikan solusi HPE Hyper-Converged dengan VMware NSX dan F5 LTM (Load Traffic Manager) serta F5 GTM (Global Traffic Manager) guna menghadirkan infrastruktur masa depan dengan cara yang cerdas, hemat, efisien dan aman, sehingga memudahkan pengaturan, pengelolaan, perawatan dan sumber daya yang dibutuhkan.

HPE Hyper-Converged memiliki kemampuan mengintegrasikan server, storage, network dan solusi virtualisasi pre-installed dalam sebuah perangkat siap pakai, dengan proses implementasi yang bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit.

Solusi VMware NSX dalam hyper-converged mendukung integrasi layanan switching, routing serta layanan upper-layer menjadi sebuah platform aplikasi dan jaringan yang terintegrasi.

Platform virtualisasi jaringan VMware NSX menawarkan beragam keunggulan seperti provisi terotomatisasi, kemampuan menambah atau merubah workload, scale-out firewalling yang terdistribusi di setiap hypervisor, serta mampu terintegrasi ke platform. Selain itu, fitur-fitur keamanan yang melekat pada platform NSX juga mampu merampingkan operasi keamanan di software-defined data center.

Solusi load balancer F5 LTM yang dilengkapi intelligent traffic management mampu mempercepat penyebaran aplikasi, optimalisasi, load-balancing dan offloading beban dari aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan jaringan.

Dilengkapi pula dengan solusi F5 GTM yang merupakan DNS server dan DNS security (Global DNS Load Balancing) untuk meningkatkan kecepatan akses ke aplikasi dengan mengamankan dan mempercepat resolusi DNS, dan kemampuan mengatur akses ke server antar data center.

“Hadirnya teknologi hyper-converged ini diyakini  akan semakin menyederhanakan proses TI dalam suatu organisasi. Hal ini mengingat hyper converged memiliki beberapa karakteristik unggul seperti software-centric, otomatisasi tingkat tinggi, serta kemampuan mengelola sumber daya gabungan seefisien mungkin yang terpusat,”pungkasnya.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories