telkomsel halo

Sejam jelang peluncuran, cuaca mendukung satelit T3S

04:00:39 | 15 Feb 2017
Sejam jelang peluncuran, cuaca mendukung satelit T3S
Roket Ariane 5 yang akan membawa satelit Telkom 3S ke slot orbit (dok)
KOUROU (IndoTelko) - Peluncuran satelit Telkom 3S (T3S) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tinggal satu jam lagi dari Kourou, French Guiana pada 14 Februari 2017.

Infrastruktur yang menelan investasi US$ 215 juta (manufaktur, launcher, dan asuransi) itu akan diluncurkan dari fasilitas Guiana Space Center milik Arianespace antara 18.39 dan 20.05 waktu setempat atau 15 Februari WIB sekitar jam 04.39 WIB.

"Dalam laporan terakhir, cucanya katanya green dan cerah. Semoga semua lancar," ungkap Kepala Proyek Satelit Telkom 3S Tonda Priyanto kepada IndoTelko jam 17.30 di Kourou.

Diungkapkannya, inspeksi terakhir yang dilakukan adalah in flight configuration bagi satelit Telkom 3S kecuali untuk internal power. "Tracking station status is green," tutupnya.

Sementara itu, dalam situs resmi Arianespace yang menjadi pihak peluncur dari satelit Telkom 3S hitung mundur terus dilakukan.

Asal tahu saja, Telkom memilih model pengadaan In Orbit Delivery (IOD) untuk penempatan satelit Telkom 3S. Artinya, satelit diserah terimakan ke Telkom kala sudah berada di slot orbit 118 BT. (Baca: Manufaktur Satelit T3S)

Selama proses peluncuran hingga dilepasnya satelit Telkom 3S dari roket atau sekitar 39 menit peluncuran akan menjadi tanggungjawab dari Arianespace. Setelah itu, Thales Alenia Space sebagai mitra pembuat satelit akan mengambil alih operasi hingga penempatan ke slot orbit. (dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year