telkomsel halo

OLX revitalisasi tampilan

10:35:29 | 08 Feb 2017
OLX revitalisasi tampilan
Daniel Tumiwa (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Portal classified ads, OLX.co.id, melakukan revitalisasi tampilan untuk memperluas pangsa pasar ke kaum muda dan wanita.

“Sejak didirikan 2005 lalu OLX dikenal sebagai tempat iklan baris online. Kita lihat sekarang pasar berubah, kita ikut perubahan itu untuk menyasar generasi milenial. kami masuk ke segmen youth dan female. Mudah-mudahan bisa diterima," kata Chief Executive Officer OLX Indonesia, Daniel Tumiwa, kemarin.

Di tampilan barunya OLX menampilkan orang yang menjual berbagai barang di lokasi terdekat. Upaya tersebut diharapkan mampu mengubah kebiasaan orang yang berbelanja online, yakni kebutuhan, mencari, memutuskan lalu membeli.

Tampilan baru dapat dinikmati untuk pengguna android. Sementara itu, pengguna Apple harus menunggu lebih lama. Pengguna akan menemukan tampilan mirip di versi mobile.   
“Kita sebut tampilan baru ini sebagai The All New OLX,” katanya.        

Ada empat konsep yang diusung lewat The All New OLX ini, yaitu hyperlocal, hypersimple, C2C, dan trust. Konsep-konsep tersebut dibawa OLX karena berdasarkan pengamatannya terhadap kaum urban yang lekat dengan gadget mereka.

“Konsep hyperlocal adalah barang-barang terdekat yang dijual/ditampilkan ada di sekitar pengguna. Dengan tampilan muka semacam ini, para pengguna dapat bertransaksi dengan lebih praktis karena tidak perlu pergi terlalu jauh untuk melakukan cash on delivery (CoD)," jelasnya.

OLX juga mempermudah langkah untuk menjual barang dengan tidak mewajibkan penjual mengisi deskripsi. Ini membuat proses menjual barang lebih simpel dan dapat diselesaikan hanya dalam tiga puluh detik.

Untuk membantu mengatasi masalah kepercayaan (trust) antara pembeli dan penjual, melalui aplikasi terbaru ini OLX menawarkan log-in dengan menggunakan akun Facebook atau Google, sehingga profil pengguna dapat diketahui oleh calon pembeli atau penjual.

Dengan adanya tiga konsep tersebut, OLX optimistis semakin banyak orang dapat memanfaatkan OLX untuk jual-beli, terutama untuk pengguna individu (customer to customer). Meskipun demikian, OLX memahami bahwa perubahan tampilan tidak selalu mudah, terutama bagi pengguna lama.

OLX tetap mempertahankan tampilan lamanya pada desktop dan mobile agar pengguna lama tetap dapat menggunakan platform OLX dengan nyaman.

"Memindahkan satu juta pengguna aktif harian, bukan perkara yang mudah. Ini adalah sebuah keputusan yang sangat berani. Di posisi OLX seperti sekarang--terbesar di kategori iklan baris online--kami perlu melakukan sebuah keputusan semacam ini, agar tetap relevan dengan kemajuan zaman," tutup Daniel.

OLX menetapkan pertumbuhan mencapai 100% dalam pertumbuhan member sebesar 2 juta. Perusahaan mengestimasi pendapatan dari iklan akan meningkat dua kali lipat tahun ini dari 170 ribu/hari pada 2016. Di tahun 2016, total penjualan produk mencapai 1,4 juta barang/bulan dari 900 ribu member aktif di Pulau Jawa.(tp)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year