telkomsel halo

Ini trik idEA hadapi serbuan eCommerce asing

14:25:28 | 01 Feb 2017
Ini trik idEA hadapi serbuan eCommerce asing
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi eCommerce Indonesia  (idEA) memiliki pandangan yang terbuka terhadap kian maraknya serbuan pemain asing di sektor bisnis online Indonesia.

“Sebenarnya soal isu pemain asing atau lokal itu kurang relevan di digital. Ini kan borderless, malah ada yang main cross border kan. Di eCommerce itu yang penting kualitas layanan dan jaminan regulasi dalam kompetisi,” ungkap Ketua Umum idEA Aulia E Marinto, kemarin.  

Menurutnya, di pemain lokal pun ada dana asing yang masuk sebagai investor atau pemain lokal pun ada yang ekspansi hingga keluar negeri. “Nah, kalau soal pemain asing, saya selalu himbau anggota untuk tidak melihat sebagai ancaman.  Kehadiran mereka bisa menjadi pemicu kita lebih baik,” ulasnya.

Ditambahkannya, dibandingkan eCommerce asing, para pemain lokal sebetulnya punya modal kuat yang membuat mereka bisa menjadi pemenang. Apalagi kondisi geografis Indonesia juga sangat unik dan tidak biasa dihadapi pemain asing, terutama untuk urusan logistik.

"Kehadiran eCommerce itu sebenarnya melakukan perdagangan lokal. Artinya, yang mengerti bagaimana kebutuhan masyarakat lokal ya pemain lokal itu sendiri. Dengan kondisi geografis Indonesia yang begitu unik, ini bakal jadi tantangan besar untuk pemain asing. Sebenarnya ini juga jadi tantangan pemain lokal, tetapi setidaknya kita sudah lebih memahami kondisinya," tutur Aulia.

“Saat ini idEA tengah mendorong kesiapan dan keahlian para pemain lokal agar nantinya menjadi pemenang di industri ini, setidaknya di negara sendiri," tutupnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year