telkomsel halo

Logistik masih menjadi isu bagi retail online

05:01:41 | 20 Jan 2017
Logistik masih menjadi isu bagi retail online
Sukan Makmuri(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Isu seputar logistik masih menjadi kendala bagi banyak pelaku industri bisnis retail dan teknologi dari seluruh penjuru Asia.

CTO KUDO Sukan Makmuri mengatakan kondisi geografis Indonesia bukan hanya menjadi tantangan besar para pemain industri logistik, namun juga perusahaan rintisan.

"Hal ini dikarenakan estimasi waktu pengiriman yang dirasa pelanggan, terutama mereka yang tinggal dipelosok, besar kecil mempengaruhi keputusan mereka berbelanja online," katanya.

Kompleksnya tantangan pergudangan makro yang dihadapi merchants KUDO turut mengambil andil dalam mempengaruhi akumulasi harga akhir produk online itu sendiri.

“Pelaku pergudangan mikro dan makro Indonesia patut mempertimbangkan segi manajemen resiko disaat barang dikirimkan oleh mitra logistiknya, melakukan inspeksi tepat untuk mengantisipasi human error dan menghindari deduksi kualitas dan kuantitas barang yang terjadi selama pengiriman, perusahaan juga harus transparan dalam menyampaikan status pengiriman barang kepada pelanggan dengan mempekerjakan tim customer service yang baik," katanya.

Ditambahkannya, memiliki customer service yang baik sama pentingnya dengan pelayanan yang diberikan produk itu sendiri.

Head of Product KUDO Roolin Njotosetiadi mengungkapkan bahwa KUDO memahami dengan sangat baik kondisi lebih dari 300.000 agennya yang tinggal di pelosok daerah, di seluruh wilayah Indonesia.

"KUDO konsisten selalu melakukan penyempurnaan. diantaranya adalah peningkatan kualitas. Salah satunya KUDO dapat tetap dibuka lewat telpon genggam berresolusi rendah, optimalisasi UX agar gambar produk dapat dilihat dengan jelas oleh mereka, dan tidak lupa pemberian komisi menarik yang terbukti justru membuat pelanggan para agen ingin pula belajar fitur yang bertujuan agar aplikasi mempergunakan teknologi sebagai usaha dagang digitalnya," katanya.

Asal tahu saja, Kios Untuk Dagang Online (KUDO) merupakan pelopor platform online to offline (O2O) yang menghubungkan merchant online dengan para pelanggan offline melalui jaringan agen di Indonesia. Melalui agen KUDO, pelanggan yang memiliki keterbatasan akses internet, rekening bank, dan kartu kredit, bisa merasakan pengalaman berbelanja online dengan melakukan pembayaran secara tunai.

KUDO bekerjasama dengan beberapa toko online ternama seperti Bukalapak, Lazada, Elevenia dan Berrybenka, serta memberikan kemudahan kepada para pelanggan untuk membeli pulsa telepon, membayar BPJS, membeli tiket pesawat dan kereta api, membeli token listrik dan layanan lainnya secara tunai melalui agen KUDO.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year