Twitter Makin Diminati Kelas Menengah

11:55:58 | 20 Mar 2016
Twitter Makin Diminati Kelas Menengah
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Platform media sosial Twitter ternyata masih diminati oleh kelas menengah atas di Indonesia.

Lembaga riset Ipsos menyatakan kelas menengah atas di Indonesia  lebih suka bersosialisasi di platform Twitter dan menjadikan media sosial tersebut sebagai sumber informasi utama.

Penelitian ini menyasar 1.750 responden di Indonesia, India, Singapura dan Arab Saudi. Metodologi penelitian menunjukkan responden kelas menengah atas adalah mereka yang menyumbang pendapatan negara sebanyak 20% dengan rentang usia mulai dari 25 hingga 64 tahun.

Dalam penelitian itu dinyatakan 8 dari 10 (79%) kelas menengah atas menggunakan Twitter dalam kehidupan sehari-hari.

“Penelitian terbaru mengenai kelas menengah atas kali ini fokus pada motivasi dan preferensi mereka sebagai pengguna dan kaum mayoritas di Twitter saat ini," kata Country Business Head, Twitter Indonesia Roy Simangunsong, belum lama ini.

Survei menunjukkan karakter kelas menengah atas di Tanah Air mengapresiasi pelayanan konsumen yang lebih baik dan berkualitas. Kaum ini juga bersedia berbagi pengalamannya ke banyak orang.

Hasil survei menunjukkan mereka yang menggunakan Twitter 1,3 kali lebih mungkin menghabiskan uangnya untuk barang-barang dan pelayanan kelas atas di masa yang akan datang, serta 1,2 kali lebih mungkin untuk menjadi yang pertama mencoba produk-produk inovasi berteknologi tinggi.

Kaum menengah atas mengaku mereka menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk membeli produk-produk ritel dan otomotif. Selama 12 bulan terakhir, mereka juga menghabiskan membeli kebutuhan rumah dan interior (81% ), pakaian (80% ), dan otomotif (72% ).

Selanjutnya, survei menunjukkan lebih dari setengah, atau 57% kelas menengah atas mengakui Twitter adalah sumber informasi utama bagi mereka untuk mendapatkan informasi dari pihak pertama.

Belum lama ini CEO Twitter Jack Dorsey menegaskantidak akan mengubah limit 140 karakter dalam sekali tweet.

Jika diamati, selama 2 tahun ini Twitter banyak sekali memberikan fitur baru yang memanjakan  pengguna. Mulai dari grup DM, translasi langsung dari bahasa lain, mengirim dan mencari gambar GIF dan tampilan Periscope di timeline Twitter.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories