telkomsel halo

Seruuu! Adu Kuat Jaringan 4G oleh Telkomsel dan XL

13:02:44 | 16 Dec 2015
Seruuu! Adu Kuat Jaringan 4G oleh Telkomsel dan XL
Pengguna 4G dari Telkomsel (dok)
 JAKARTA (IndoTelko) – Layanan 4G benar-benar menjadi medan pertarungan sengit antara Telkomsel dan XL.

Jika pada awal pekan ini (Senin, 14/12), kala melansir layanan 4G di Malang, Telkomsel mengungkapkan memiliki 2.200 eNode B (BTS 4), hanya dalam hitungan hari jumlah infrastrukturnya melesat menjadi 3 ribu eNode B.

Hal ini menjadikan dari sisi eNodeB antara Telkomsel dan XL berimbang yakni sama-sama memiliki tiga ribu eNode B.

Sejauh ini Telkomsel 4G LTE hadir di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Pekanbaru dan Banjarmasin.

“Kami juga sudah gelar 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz untuk Jakarta. Ada sekitar 1.500 eNode B untuk area Jakarta, dan terus bertambah,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah kepada IndoTelko, Rabu (16/12).

Dikatakannya, keberadaan 3 ribu eNode B  ada di  lokasi-lokasi strategis di tiap kota, pelanggan dapat menikmati layanan mobile broadband terbaik dari Telkomsel. “Kita akan agresif di 4G ini,” katanya.

Sebelumnya, XL mengumumkan memiliki 3 ribu eNode B untuk melayani sekitar lebih dari 3 juta pelanggan 4G. (Baca juga: Adu cepat 4G antara Telkomsel dan XL)   

XL telah menggelar layanan 4G secara komersial di 19 kota, yang tersebar di berbagai provinsi, yaitu Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Jakarta, Bogor, Purwakarta, Cirebon, Bandung, Tegal, Pekalongan, Yogyakarta, Surabaya, Pacitan, Madura, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, dan Manado.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year