telkomsel halo

Awas, Jangan Sembarangan Gunakan Wi-Fi

12:43:01 | 11 Nov 2015
Awas, Jangan Sembarangan Gunakan Wi-Fi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kualitas layanan seluler yang masih belum bisa diandalkan untuk berselancar di dunia maya, menjadikan banyak pengguna mengakses Wi-Fi di ruang publik untuk bermain internet.

Namun, Studi dari Kaspersky Lab yang baru dikeluarkan harus membuat para pengguna berhati-hari dengan akses internet melalui Wi-Fi.

Dari riset tersebut ditemukan 26% pengguna melakukan adaptasi aktivitas saat sedang online dengan menggunakan jaringan Wi-Fi umum yang tidak aman, meskipun ada fakta bahwa para hacker tetap bisa mencuri data dan password pengguna.

"Ikatan kepercayaan antara pengguna dengan perangkatnya dapat berujung pada kelengahan tingkat keamanan," kata Kepala Mobile Product Line di Kaspersky Lab Victor Yablokov, kemarin.

Diungkapkannya,  hanya 47% pengguna yang menggunakan fitur keamanan yang melekat pada perangkat yang mereka gunakan, seperti kemampuan remote blocks atau find-my-device.

Dampak yang serius dan diluar pikiran dapat terjadi bila lalai dalam melindungi perangkat yang digunakan, di mana menurut penelitian, sebanyak seperempat dari perangkat yang telah ditemukan setelah sebelumnya hilang atau dicuri mengalami kebocoroan informasi atau rahasia pribadi.

Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa pengguna dapat luput dari hacker dan lebih aman apabila menggunakannya di dalam rumah.

Bahkan di rumah sekalipun resiko dan tantangan yang dihadapi berbeda, bahkan terkadang lebih berbahaya, khususnya dilokasi yang sensitif seperti tempat tidur dan toilet, di mana perangkat yang berhasil di retas dapat dengan mudah merubah webcam ke pengguna.

Kegagalan dalam mendeteksi adanya potensi bahaya serta upaya melindungi perangkat dan informasi dengan seharusnya dapat berarti merelakan hilangnya informasi rahasia, uang atau bahkan identitas pengguna.

Perangkat kamera yang biasa digunakan untuk melihat dunia luar, tambahnya, dapat diretas oleh hacker dan sebagai gantinya dialihfungsikan untuk melihat dunia kita.

Disarankannya, untuk memastikan sahabat digital Anda tidak berubah menjadi “Teman Tapi Musuh”, Kaspersky Lab merekomendasikan bagi para pengguna untuk menyetel password yang kuat pada perangkat dan juga bagi akun online pengguna.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year