telkomsel halo

Kemenkominfo Dukung OJK Perluas Literasi Keuangan

12:05:55 | 30 Jun 2015
Kemenkominfo Dukung OJK Perluas Literasi Keuangan
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendukung langkah  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperluas literasi keuangan ke daerah terpencil untuk meningkatkan inklusi keuangan.

"Kerjasama OJK dengan Kemkominfo meliputi bidang pengembangan produk dan layanan jasa keuangan, serta perlindungan konsumen," ujarDirektur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika Kalamullah Ramli, kemarin.

Cakupan kerja sama lainnya meliputi sosialisasi dan edukasi mengenai layanan jasa keuangan khususnya yang berbasis teknologi informasi dan telekomunikasi, kerjasama upaya mengatasi penyalanggunaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan telekomunikasi untuk penawaran investasi yang berpotensi merugikan masyarakat.

"Kerja sama ini dalam rangka mengatasi permasalahan penggunaan sarana telekomunikasi pribadi untuk penawaran produk keuangan yang berpotensi merugikan masyarakat dan mengandung dugaan unsur tindak pidana," katanya.

Adanya kerjasama dengan Kemkominfo ini untuk mengoptimalkan pemanfaatam dan pengembanham jaringan, sarana komunikasi, serta teknologi informasi dan telekomunikasi.

Hal itu dilakukan dalam rangka implementasi perluasan akses keuangan masyarakat, melakukan kerja sama penanganan pengaduan konsumem dan pertukaran data informasi yang diperlukan.

Sejak berdiirnya Financial Customer Care OJK (FCC OJK) sampai dengan Juni 2015, sistem layanan konsumen OJK telah menerima 43.441 layanan termasuk 1.047 layanan yang terkait dengan investasi dan penghimpunan dana ilegal atau non lembaga jasa keuangan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year