Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Konsumen Indonesia Butuh 4G

12:00:17 | 06 Apr 2014
Konsumen Indonesia Butuh 4G
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Konsumen layanan mobile broadband di Indonesia menyatakan membutuhkan koneksi cepat ala 4G karena sudah menjadikan koneksi internet dan smartphone sebagai kebutuhan utama  dalam berkomunikasi.

“Saat ini koneksi internet sudah seperti oksigen bagi para pengguna smartphone. Perangkat pintar itu akan tumpul tanpa koneksi jaringan internet yang andal. Hasil survei daring yang kami lakukan periode 21 November 2013 hingga 25 Januari 2014 menunjukkan 91,46% responden berteriak membutuhkan koneksi ala 4G,” ungkap Group Editor Global Selular Media Iman Aulia kala berbincang dengan IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, survei yang melibatkan 1.440 orang dengan profil mayoritas berasal dari kalangan muda dengan tingkat pendidikan sarjana dan status sosial ekonomi berada di golongan A dan B itu menunjukkan sebenarnya 33,4% pelanggan cukup puas dengan jaringan milik operator seluler, namun karena kebutuhan dan perubahan selera terhadap layanan Value Added Services (VAS), menjadikan kebutuhan konkesi yang cepat dan stabil menjadi impian.

“Survei menunjukkan pelanggan tak berminat lagi dengan VAS seperti ring back tone (RBT)atau SMS konten. Mereka itu sekarang mencari VAS seperti aplikasi, e-learning, mobile payment, mobile banking, mobile cloud, games, dan e-health,” jelasnya.

Sedangkan dari sisi aktivitas yang banyak dilakukan pengguna dengan smartphone adalah social networking (36,39%), browsing (42,5%), chatting (8%), dan lainnya.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
“Ruang untuk bermain di data masih tinggi bagi operator karena dari 60 juta ponsel yang diimpor tahun lalu sekitra 30% adalah smartphone. Ini artinya, penetrasi perangkat ini masih rendah, sehingga memang tak ada ruginya berinvestasi di teknologi 4G,” jelasnya. 

Operator Siap
Secara terpisah, Ketua Dewan Penasihat Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Alex J Sinaga menyatakan operator sudah siap menggelar teknologi 4G karena penggelaran jaringan sudah mengantisipasi inovasi tersebut.
 
“Sekarang operator menggelar jaringan pasti sudah menyiapkan untuk 4G. masalahnya sekarang regulasi belum ada untuk Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE),” jelasnya.

Bakti
Sekadar diketahui, layanan 4G LTE menawarkan theoretical download speed antara 75 – 100 Mbps dan typical download speed yang berkisar antara 3 – 12 Mbps.Kecepatan ini menawarkan akses mobile internet yang tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan layanan 3G.(id) 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year