Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Cisco Investasi US$ 1 Miliar untuk Infrastruktur Cloud

07:10:58 | 25 Mar 2014
Cisco Investasi US$ 1 Miliar untuk Infrastruktur Cloud
blog.vce.com
Angkasa Pura 2
JAKARTA (Indotelko) – Cisco System berencana menginvestasikan lebih dari US$ 1 miliar untuk memperlebar sayap bisnis Cloud nya selama dua tahun ke depan.

Investasi ini akan digunakan  termasuk untuk membangun jaringan cloud berbasis OpenStack dengan para partner yang ada. Mereka berupaya untuk mendorong kemajuan layanan Cloud yang dimiliki Cisco, yang dinamai Intercloud, dan akan melibatkan seluruh jaringan data center yang ada di perusahaan partner Cisco di seluruh dunia.

Menurut Cisco, nantinya Intercloud itu akan berbasis platform OpenStack yang saat ini sedang populer, dan akan mendukung berbagai macam beban kerja, dengan pengawasan yang super ketat, dan memiliki kemampuan interoperabilitas dengan Cloud manapun, baik privat atau publik.

“Dengan tidak berdiri sendiri dan lebih memilih untuk bekerja sama dengan partner lokal, jaringan cloud Cisco akan memiliki posisi yang lebih baik untuk mengatasi kekhawatiran akan keamanan dan kedaulatan data yang belakangan ini meningkat,” ujar Cisco, seperti dikutip melalui PC World, Selasa (25/3).

Seperti diketahui, kasus terkuaknya informasi rahasia NSA oleh Edward Snowden telah menjadi perhatian tersendiri bagi para penyedia cloud lokal di Eropa, seiring dengan upaya mereka untuk bersaing dengan perusahaan cloud AS seperti Amazon dan Microsoft.

Menjanjikan keamanan dalam layanan Cloud memang merupakan tantangan yang cukup besar bagi Cisco. Apalagi Cisco tergolong telat masuk ke pasar ini. Mereka harus bisa berkompetisi dengan pemain lama seperti Amazon dan Microsoft, demikian juga dengan Google dan Rackspace. Bahkan mereka juga akan menghadapi persaingan dengan vendor infrastruktur seperti Vmware.

“Perusahaan telekomunikasi Australia, Telstra merupakan partner pertama Cisco dalam hal ini. Kami akan membangun dan mengoperasikan infrastruktur cloud untuk Telstra, dan sebaliknya Telstra akan menyediakan layanan yang spesifik untuk kedua perusahaan. Selain Telstra, partner lain untuk layanan Cloud Cisco ini adalah perusahaan telekomunikasi asal Canada Allstream, juga perusahaan cloud asal Eropa Canopy, dan Ingram Micro,” ujar pihak Cisco.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Sayangnya Cisco tidak menjabarkan tanggung jawab dari masing-masing partner dalam menjalankan Intercloud tersebut.

Layanan Cloud merupakan ekspansi dari program Cisco Powered. Produk yang ditawarkan termasuk sebuah versi dari optimalisasi SAP Hana untuk Unified Compute System milik Cisco, produk virtualisasi desktop berbarengan dengan solusi dari VMware dan Citrix, dan sejumlah layanan yang dikembangkan secara in-house untuk mengatasi masalah kolaborasi dan keamanan.

Bakti
Cisco berencana untuk menjual layanan ini melalui channel yang dimiliki para partner yang ada dan juga dijual secara langsung ke para pengguna. (ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year