telkomsel halo

Smartfren: Kami Enjoy dengan CDMA

09:23:08 | 10 Mar 2014
Smartfren: Kami Enjoy dengan CDMA
Merza Fachys (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) mengaku sangat menikmati teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) untuk melayani 11,3 juta pelanggan.

“Saya tegaskan, kami sangat enjoy dengan teknologi CDMA. Saya memiliki keyakinan dengan teknologi ini karena awalnya dikembangkan untuk keperluan militer. Memang, banyak yang bilang teknologi ini segera pensiun, tetapi kala bertemu dengan regulator kemarin, Smartfren satu-satunya yang berani mengatakan tetap setia dengan CDMA,” tegas Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, belum lama ini.

Menurutnya, kondisi masyarakat sekarang tak mempedulikan jenis teknologi yang digunakannya. “Mereka butuh jaringan data yang cepat dan stabil. Itu bisa dipenuhi oleh CDMA yang kami besut. Masa orang sedang menikmati, terus kita hentikan,” jelasnya.

Namun, Merza tak menutup mata dengan perkembangan teknologi ke depan dimana 4G akan diadopsi. “Masalah migrasi ke 4G, Smartfren tentu akan mengikutinya, masalahnya kapan waktu untuk migrasi? Kita harus lihat dulu semuanya secara matang. Nanti, walau ada 4G, teknologi 2G atau 3G tak akan hilang. Lihat saja 3G, sudah 6 tahun tetapi ponsel 2G masih bersiliweran bukan,” paparnya.

Dikatakannya, untuk membuka teknologi 4G masuk ke Indonesia dibutuhkan regulasi yang mendukung penataan ulang kepemilikan frekuensi. “Masalah penataan ulang frekuensi di 850 MHz itu krusial jika mau 4G. Kalau ditanya Smartfren, kami kurang dengan kepemilikan sekarang untuk 4G. kita ikut pemerintah saja untuk tata ulangnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah menganjurkan para pemain CDMA untuk berkonsolidasi guna memuluskan spectrum sharing bagi implementasi 4G.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year