telkomsel halo

TV Digital akan Pacu Bisnis Set Top Box

15:11:57 | 05 Jan 2014
TV Digital akan Pacu Bisnis Set Top Box
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Layanan TV Digital yang tengah dipacu pemerintah kehadirannya diyakini akan menggairahkan penjualan perangkat penangkap sinyal TV digital bagi TV analog atau set top box pada tahun ini.

"Pemerintah sudah mulai menggiatkan migrasi TV Digital. Kita tak mau kehilangan momentum untuk berjualan set top box," ungkap Public  Relations  dan Marketing Event Manager Polytron, Santo Kadarusman, belum lama ini.

Dikatakannya, walau batas waktu untuk migrasi dari TV analog menuju TV digital hingga tahun 2018, Polytron telah siap memproduksi dan mendistribusikan set top box hingga ke luar Pulau Jawa. Polytron sudah menyiapkan produksi 5 ribu unit set  top  box per bulan dengan harga di kisaran Rp 415 ribu per unit. "Untuk sementara, distribusinya baru di Jawa dan sebagian Sumatra," katanya.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan, proses migrasi ke TV Digital terus berjalan, bahkan sedang disiapkan aturan tentang set top box yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

"Kami berkomitmen membagikan satu juta unit gratis, sementara 6,5 juta unit gratis dari pemenang tender TV digital," ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam aturan itu juga disebutkan tentang set top box yang harus memiliki standar teknologi Digital Video Broadcasting Second generation Terrestrial (DVBT-2) dengan tingkat kandungan lokal minimal 15%.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year