telkomsel halo

Ini Prediksi Teknologi Tahun 2014 Versi Panasonic

06:56:17 | 25 Dec 2013
Ini Prediksi Teknologi Tahun 2014 Versi Panasonic
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  – Di tahun 2013, terlihat perubahan yang sangat signifikan dalam cara bisnis berinteraksi dengan Teknologi Informasi (TI), terutama dari segi bagaimana industri TI memberikan pengaruh pada perusahaan.

Menurut Director, Toughbook Asia Pacific Group, Panasonic System Communications Satoshi Mizobata mulai maraknya teknologi baru yang  menjadi lazim di kalangan masyarakat.

“Saya prediksi  di tahun yang akan datang, interaksi antara TI dengan perusahaan akan menemui bentuk yang lebih pasti dimana teknologi akan tertanam dalam bagian dari operasi sehari-hari dan memiliki peran yang nyata dalam kesuksesan sebuah bisnis,” katanya dalam rilis, kemarin.

Berikut beberapa prediksi dari tren teknologi di tahun 2014 versi Satoshi:
• Pertumbuhan konvergensi
Adanya pertumbuhan konvergensi yang pesat antara dunia nyata dan dunia digital seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin menuju ke arah digital – mengarah kepada peringkasan serta pemeliharaan operasi secara lebih baik lagi.

Hal ini akan terus berlanjut hingga tahun 2014, dimana infrastuktur fisik akan memiliki peran yang sangat besar dalam menyatukan dunia nyata dan digital.

Sebagai contoh, dalam sektor manufaktur dan logistik, database dan formulir purchase order akan mengadopsi konsep digital seutuhnya untuk memberikan kemudahan mengakses dimana saja yang tentunya akan memperbaiki tingkat tanggapan dari pekerja lapangan guna memastikan pekerjaan terselesaikan dengan se-efisien mungkin.

• Perubahan ekspektasi terhadap perangkat keras
Dari perspektif perangkat keras, bisnis akan mencari perangkat yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat serta mengelola berbagai jenis pekerjaan dan menghasilkan pengembalian investasi (ROI) yang diinginkan.

Diperkirakan ada penekanan khusus untuk konektivitas sebagaimana infrastruktur internet di seluruh dunia mulai menjadi lebih baik dalam segi kualitas dan pelayanan, begitu juga dengan kualitas lainnya seperti, kekuatan komputasi, pengalaman visual – dengan munculnya perangkat berkemampuan 4K - penampilan dan rasa, serta ketahanan. Singkatnya, para pengguna akan mencari sebuah perangkat yang compact dan dapat diandalkan.

• Mobilitas sebagai kunci kesuksesan bisnis
Mobilitas akan tetap menjadi peran yang paling penting ketika mendefinisikan kesukesan strategi bisnis seiring dengan ekspektasi para pekerja yang akan terus mengharapkan fleksibilitas dan kemandirian dalam bekerja dari mana saja – baik di kantor maupun di lapangan untuk pekerja dengan mobilitas tinggi seperti di bidang manufaktur, konstruksi dan minyak dan gas.

• Peranti Tangguh
Pada tahun 2013 merupakan perkenalan terhadap perangkat tangguh untuk penggunaan konsumen IP67, begitu pula dengan peranti tangguh pintar. Meskipun kepopuleran akan beberapa peranti ini dapat dikaitkan dengan faktor sebagai produk baru, namun dapat dengan jelas terlihat peluang untuk memaksimalkan peranti konsumen dengan latar belakang bisnis.

Sebagaimana bisnis mulai untuk meningkatkan mutu peranti yang fokus terhadap konsumen dengan menambahkan kotak pelindung tangguh untuk pekerjaan, kami percaya bahwa peranti tangguh akan terus mendominasi ruang mobilitas usaha di tahun 2014.

• Total Biaya Kepemilikan
Dalam lanskap bisnis masa kini, bisnis diharapkan untuk dapat mencapai keseimbangan antara menjaga keunggulan kompetitif serta mengurangi biaya keseluruhan. Dengan meningkatnya peran teknologi yang memainkan peranan yang penting dalam membantu bisnis mencapai keseimbangan tersebut, Total Biaya Kepemilikan (Total Cost of Ownership) telah menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Ditambah dengan tren pekerja dengan mobilitas tinggi, keberadaan dari peranti lapangan yang mampu bertahan di kondisi yang sulit nan ekstrim menjadi sebuah kewajiban.  Kunci untuk mempertahankan Total Biaya Kepemilikan adalah dengan memanfaatkan peranti yang memang dirancang khusus untuk tugas dengan misi kritis.(ct)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year