telkomsel halo

TelkomVision Dijual, Ini Strategi Telkom Bermain di Media

11:19:56 | 11 Nov 2013
TelkomVision Dijual, Ini Strategi Telkom Bermain di Media
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menegaskan tetap bermain di bisnis media walau telah menjual sahamnya sebesar 80% di operator TV berbayar TelkomVision ke CT Corpora belum lama ini.

“Telkom tetap bermain di media. Posisi sebagai Telecommunication, Information, Media, Edutainment, dan Services (TIMES) itu tak berubah,” tegas VP Public Relations Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Senin (11/11).

Diungkapkannya, Telkom memiliki banyak unit atau anak usaha yang bermain di media seperti MelOn, Plasa.com, UseeTV, dan lainnya. “Banyak yang beranggapan TelkomVision dilepas, maka Telkom tak bisa bermain di media. Padahal kami masih punya UseeTV yang siap menyambut era konvergensi,” ungkapnya.

UseeTV adalah layanan Internet Protocol TV (IPTV) dengan kekuatan pada TV on demand atau Video On Demand yang memungkinkan pelanggan   bisa menikmati tayangan TV yang telah disiarkan sampai tiga hari kebelakang. Saat ini portal useetv,com telah memiliki lebih dari 1 juta registered user dan 26 juta page view.

Menurutnya, hal yang harus dipahami dalam bisnis media ke depan itu ada tiga isu yakni Connectivity, Convergence, dan Content.

Di era digitalisasi di mana konten dapat diakses melalui layar ketiga  seperti smartphone dan tablet akan berdampak pada cara produksi dan distribusi konten. Hal itu bisa dilihat dari meroketnya  nilai bisnis mobile advertisement pada 2018 mencapai US$ 40 miliar, dan dari m-commerce mencapai US$ 235 miliar pada 2013 dan akan mencapai US$ 721 pada 2017 secara global.

“UseeTV ini ada menjawab tantangan tersebut, karena ini bisnis media masa depan di Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, CT Corpora melalui anak usahanya Trans Corpora  berhasil menguasai 80% saham TelkomVision pada 8 Oktober 2013 dengan nilai transaksi Rp 926,5 miliar. Konsekuensi  dari transaksi ini adalah Telkom hanya menyisakan 20%  kepemilikan di operator TV berbayar tersebut.  

Menurut analis dari Capital International Chapman Taylor pelepasan saham mayoritas TelkomVision ke CT Corpora hal yang bijaksana dilakukan Telkom.

“Telkom juga sebaiknya secepatnya memproses pelepasan sebagian saham di anak usaha yang bergerak di bisnis menara atau bisa kehilangan momentum,” katanya.

Riset Morgan Stanley pada akhir September 2013 juga menyebutkan, konsolidasi di industri telekomunikasi Indonesia akan menekan bisnis menara dalam jangka pendek karena operator akan memangkas belanja modalnya demi efisiensi.

Seperti diketahui, anak usaha Telkom di bisnis menara adalah Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

Telkom telah menunjuk Barclays Capital untuk membantu tender pelepasan sebagian saham anak usaha yang ditaksir memiliki nilai korporasi sebesar Rp 3 triliun itu.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year