telkomsel halo

Tantang Qbaca, IM2 Hadirkan BukuON

08:20:40 | 10 Okt 2013
Tantang Qbaca, IM2 Hadirkan BukuON
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Persaingan di toko buku digital antara operator kian seru. Setelah Telkom meluncurkan Qbaca, PT Indosat Mega Media (IM2) menyusul dengan merilis BukuON.
 
Kehadiran BukuON memungkinkan pelanggan untuk membeli buku dan konten digital secara online melalui aplikasi BukuON yang dapat diakses secara mobile melalui smartphone, tablet, dan laptop. Toko buku digital ini merupakan kerjasama antara IM2 dengan PT. Techbator.

"BukuON akan sangat membantu masyarakat dimana keinginan membeli buku tidak lagi terhalang jarak, biaya, dan waktu untuk mencari buku langsung ke tokonya," ujar Direktur Keuangan dan Administrasi IM2 Hulman Sidjabat di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, BukuON menggunakan teknologi resumable download, dimana seandainya terjadi interupsi koneksi saat mengunduh berlangsung pelanggan tidak perlu khawatir karena BukuON memungkinkan pelanggan untuk meneruskan unduhan dari posisi terakhir.

Keunggulan lainnya adalah pelanggan dapat melakukan pembelian buku digital secara parsial. Artinya, pengguna dapat memilih untuk membeli versi lengkap atau membeli per bab atau per segmen sesuai yang diinginkan.

Toko buku digital ini nantinya akan menggunakan format proprietary bukan pdf seperti kebanyakan toko buku digital lainnya.

"Isu besar dalam penyediaan buku digital adalah rentannya pelanggaran hak cipta penulis dan penerbit. Format proprietary yang kami gunakan mencegah tindakan pembajakan buku karena itu BukuON menguntungkan semua pihak," jelasnya.
 
Hingga saat ini sudah ada 2 ribu buku di BukuOn, terdiri dari 1990 buku lokal dan 10 buku asing. Pelanggan nantinya dapat membeli ribuan buku dan konten digital di BukuON dengan kisaran harga mulai dari Rp 5 ribu - Rp 100 ribu.

Pelanggan harus melakukan top up deposit senilai Rp 25 ribu hingga Rp 200 ribu dengan metode pembayaran top up melalui Dompetku dan transfer seluruh Bank yang ada di Indonesia.

Sebelumnya, Telkom merilis Qbaca dengan memilih format EPUB3 yang dikembangkan oleh Divisi Multimedia di Telkom, dan Infomedia Nusantara bekerjasama dengan Access International.

Beberapa penerbit yang telah bekerja sama dengan Telkom diantaranya Mizan Group, Ranah Edukasi Digital (RED), Grafindo,  dan lainnya. Untuk pembayaran menggunakan  instant payment system (IPS) dari Telkom.(ss)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year