Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

BlackBerry Anggap Indonesia Pasar Strategis

13:48:44 | 13 Jul 2013
BlackBerry Anggap Indonesia Pasar Strategis
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  BlackBerry menganggap pasar Indonesia strategis sehingga tak segan berinvestasi di negeri ini.

"Indonesia adalah pasar yang penting bagi BlackBerry. Kami berkomitmen untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan pasar kami di Indonesia," kata PR Manager BlackBerry Indonesia Yolanda Nainggolan di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, salah satu bentuk komitmen investasi yang dilakukan BlackBerry adalah adanya  BlackBerry Innovation Center di ITB Bandung. Tak hanya itu, perseroan juga mendukung para developer lokal dengan memberikan ruang di BlackBerry World. "Sejauh ini BlackBerry telah menciptakan lebih dari 12.000 pekerjaan di Indonesia," katanya.

Bahkan, lanjutnya, BlackBerry juga  menggunakan perangkat keras buatan asli Indonesia dalam produknya. Komponen tersebut antara lain baterai, motor untuk notifikasi getaran (vibrate), pengubah zona waktu (time zone change), serta headset untuk headphone.

Pabrik komponen ini beradai  di Cileungsi dan Batam. Komponen-komponen tersebut kemudian diimpor kembali ke sejumlah pabrik perakitan BlackBerry di mancanegara, mayoritas ke Hungaria dan Meksiko.Saat ini BlackBerry  memiliki sekitar 80 juta pelanggan di seluruh dunia, dimana 15 juta di antaranya datang dari Indonesia.

Di Indonesia  BlackBerry bermitra dengan tiga distributor yakni  TAM, Comtech, dan SCM. Saat ini telah dibangun 56 lokasi BlackBerry Expert Center di beberapa kota besar di Indonesia. Sementara operator yang menjadi mitranya diantaranya Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis, dan Smartfren.

BlackBerry sedang menghadapi badai di Indonesia seiring sudah lima kali layanan BlackBerry Internet Service (BIS) tumbang.Saat ini Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tengah mengaji formulasi terbaik untuk sanksi denda bagi BlackBerry jika jaringannya kembali tumbang.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year