Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Telkom Gandeng Alcatel-Lucent Tingkatkan Kapasitas Serat Optik

11:36:47 | 12 Jul 2013
Telkom Gandeng Alcatel-Lucent Tingkatkan Kapasitas Serat Optik
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
DOHA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng Alcatel-Lucent  guna  membangun  jaringan optik berkecepatan tinggi generasi berikut di wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan juga Jabotabek, yang akan meningkatkan kurang lebih 50% lalu lintas data milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Dalam rilis yang diterima redaksi dinyatakan jaringan serat optik, yang menggunakan teknologi konvergensi wavelength division multiplexing/optical transport (WDM/OTN) akan memungkinkan Telkom  memiliki kemampuan 100 gigabit-per-detik (100G).

Teknologi ini mampu memenuhi permintaan pelanggan akan layanan selular bandwidth tinggi, termasuk video, multimedia dan aplikasi data intensif lainnnya dengan efektif dan hemat biaya.

“Kebutuhan yang terus meningkat akan aplikasi dan perangkat yang membutuhkan bandwidth, menyebabkan permintaan yang luar biasa di seluruh jaringan kami. Kami harapkan melalui solusi transport optik 100G Agile Optical Networking (AON) Alcatel-Lucent, Telkom dapat memberikan kemampuan tinggi berikut fleksibilitas dan efisiensi yang dalam untuk melayani para pelanggan kami saat ini dan di masa yang akan datang,” kata Direktur Utama Telkom Arief Yahya.
 
Saat ini Telkom Indonesia memberikan layanan broadband kecepatan tinggi kepada lebih dari 19 juta pelanggan dan 125 juta pelanggan seluler.

Senior Eksekutif Alcatel-Lucent di Indonesia Bobby Rasyidin  menambahkan, dengan wilayah geografis yang meliputi lebih dari 17.000 pulau, Telkom  membutuhkan penyedia teknologi untuk membangun sebuah landasan teknologi yang dapat melayani sebuah wilayah yang luas dengan efektif dan hemat biaya.

“Pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Alcatel-Lucent akan membantu terciptanya sebuah platform umum yang memiliki efisiensi dan kemampuan jaringan bagi 200 juta penduduk Indonesia,” katanya.

Alcatel-Lucent akan menggelar platform konvergensi WDM/OTN Photonic Service Switch (PSS) 1830 untuk memenuhi maraknya permintaan akan layanan data bandwidth tinggi seperti streaming video definisi tinggi, aplikasi-aplikasi broadband selular generasi-berikut dan layanan-layanan cloud.

“Panel Kontrol generalized multiprotocol label switching (GMPLS) yang cerdas akan memastikan operasi jaringan otomatis dan proteksi layanan tertinggi,” kata Bobby.

Ditambahkannya, teknologi serat optik 100G memanfaatkan inovasi silikon yang unik dari Bell Labs milik Alcatel-Lucent, yang mendukung kemampuan hingga 8.8. Terabit per detik – setara dengan streaming 1,32 juta kanal HDTV pada saat yang bersamaan pada sebuah serat optik tunggal.

Sedangkan Agile Optical Networking (AON) Alcatel-Lucent memungkinkan jejaring 100G yang efisien dan hemat biaya berikut kecerdasan yang lebih tinggi.

Teknologi ini memanfaatkan kinerja tinggi dan nilai ekonomis dari teknologi 100G berbasis Photonic Service Engine (PSE) Alcatel-Lucent dengan OTN kapasitas tinggi, switching packet dan photonic berikut dengan otomatisasi intelijen jaringan pada platform PSS WDM 1830 yang disesuaikan dengan kebutuhan.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year