telkomsel halo

Tender Palapa Ring II Dimenangkan ASN dan NEC

13:50:33 | 10 Apr 2013
Tender Palapa Ring II Dimenangkan ASN dan NEC
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya menyelesaikan tender Palapa Ring Tahap II dengan menghasilkan pemenang dua vendor raksasa yakni Alcatel Submarine Network (ASN) dan NEC.

“Betul sudah ada pemenang untuk tender Palapa Ring II. ASN dan NEC,” ungkap EGM Infratel Telkom David Bangun kala dihubungi, kemarin.

Diungkapkannya, ASN memenangkan paket pekerjaan untuk Maluku atau paket I. Sementara NEC di paket II alias Papua.

“Hasil tender ini sangat memuaskan. Harganya sangat jauh dibawah perkiraan dari Rp 2,4 triliun menjadi Rp 1,7 triliun,” jelasnya.

Palapa Ring Tahap II yang digelar Telkom adalah backbone kabel laut dan optik sekitar 4 ribu km. Rute yang akan dilalui adalah Menado, Ternate, Halmahera, Ambon, Fak-fak, Timika, hingga Sorong.

Jalur ini melanjutkan tahap pertama yang dikenal dengan nama  Mataram-Kupang Cable System (MKCS)  sepanjang 1.041 km yang menelan biaya sekitar  Rp 600 miliar.

Peserta tender ini ada tiga yakni ASN, Fujitsu, dan NEC.

Secara terpisah, Presiden Direktur Alcatel-Lucent Indonesia Bobby Rasyidin mengakui perseroan sebagai pemenang dari tender Palapa Ring tahap II yang digelar Telkom.

“Kami sedang siapkan dokumen legal dan sebagainya. Menggelar kabel laut untuk kedalaman 4 ribu meter itu banyak aspek legal dan asuransi harus dipersiapkan,”jelasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year