Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Telkom akan Bangun Serat Optik di Jalur Monorel

23:41:11 | 11 Feb 2013
Telkom akan Bangun Serat Optik di Jalur Monorel
Muhammad Awaluddin (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (indotelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan membangun serat optik di sepanjang jalur monorel yang dibangun oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin oleh PT PT Adhi Karya Tbk.

“Kami memang ikut di konsorsium BUMN yang digagas Adhi Karya untuk membangun monorel. Salah satunya kita meminta hak eksklusif membangun serat optik di sepanjang jalur monorel itu yang akan dimanfaatkan untuk memperkuat backhaul,” ungkap Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (11/2).

Diungkapkannya, peran Telkom di konsorsium monorel milik BUMN itu nantinya adalah menyiapkan data center, membangun infrastruktur e-ticeting termasuk aplikasinya dan membangun serat opti di sepanjang jalur yang dilewati monorel.

“Kita akan kerjakan sistem komunikasinya, baik antar stasiun, stasiun dengan masinis, e-tiketing, dan lainnya. Termasuk juga nantinya pembayaran dengan sistem prabayar  menggunakan Near Field Communication (NFC)  dan penyedia platform single payment multi bank,” katanya.

Sayangnya, Pria yang akrab disapa MA ini belum bisa  menentukan nominal Telkom menyertakan dana segar ke konsorsium. “Soal itu belum ada. Kita baru akan mau rapat dengan pihak Adhi Karya nanti,”  katanya.

Sebelumnya, PT Adhi Karya Tbk ingin membangun monorel bersama dengan lima BUMN lainnya. Kelima BUMN itu adalah yaitu PT Jasa Marga Tbk, PT Lembaga Elektronika Negara (LEN), Telkom, PT Industri Kereta Api (Inka), dan termasuk Bank Mandiri.

Konsorsium Adhi Karya akan menggarap monorel jalur Kuningan-Cawang-Bekasi Timur, dan Bekasi-Cibubur dengan total sepanjang 52 kilometer. Proyek jalur monorel ini menelan  biaya sekitar Rp 9 triliun.

Proyek monorel dibangun dalam tiga tahap, yaitu pertama, Bekasi Timur-Cawang sepanjang 18,14 kilometer, Cibubur-Cawang dengan panjang 13,73 km, serta Cawang-Kuningan sepanjang 11,69 km.

Telkom sendiri dulunya ikut dalam konsorsium pembangunan monorel dalam kota yang digagas PT Jakarta Monorel.

Rute milik Jakarta Monorel adalah  green line dengan jalur Semanggi - Casablanca - Kuningan -Sudirman - Karet - Semanggi, serta blue line jalurnya Kampung Melayu - Casablanca - Karet - Tanahabang - Roxi - Mall Taman Anggrek.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year