Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ponsel Hilang? Mungkin Ada di Las Vegas

8:01:32 | 21 Jan 2013
Ponsel Hilang? Mungkin Ada di Las Vegas
lvrj.com
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
LAS VEGAS (Indotelko) – Seorang pria berusia 59 tahun terpaksa harus tidur di belakang pintu rumahnya agar ia bisa langsung bergegas jika ada orang yang meminta ponselnya dikembalikan. Padahal ia bukan pencuri.

Kejadian ini telah berlangsung selama 2 tahun. Awalnya sejak 2011 lalu ketika sepasang suami istri mengunjungi rumahnya dengan emosi meminta ponsel mereka yang hilang untuk dikembalikan. Kakek bernama Wayne Dobson itu hanya terpaku karena tidak tahu apa yang sedang mereka bicarakan. Mereka bilang ponsel mereka telah dicuri dan saat dilacak melalui GPS yang ada di ponsel itu, lokasi menunjukkan bahwa ponsel itu berada di dalam rumah Wayne di Las Vegas Utara.

Sepasang suami istri itu langsung menghubungi polisi. Polisi pun menggeledah rumah Wayne. Nihil. Mereka tidak menemukan apa-apa di rumah Wayne.

“Sangat sulit dijelaskan. Saya tidak memiliki ponsel anda. Tidak ada yang harus saya buktikan karena saya memang tidak memiliki apa yang anda minta,” ujar Dobson kala itu seperti dikutip melalui Las Vegas Review Journal.

Dobson bingung. Meski masalah tersebut sudah selesai tanpa hasil namun Dobson terus mengalami hal serupa hampir setiap bulan selama kurun 2 tahun. Ia sampai harus memasang peringatan di depan rumahnya, bertuliskan “Saya tidak mengambil ponsel siapapun. Tidak ada ponsel di dalam rumah saya”.

Telkom Marketing 2
Kala itu Dobson diberikan penjelasan oleh kepolisian Las Vegas bahwa hal ini terjadi karena adanya sistem yang tidak sempurna dalam teknologi GPS di ponsel, khususnya para pemiliki smartphone yang menggunakan jasa telekomunikasi Sprint. Sayangnya saat dikonfirmasi Dobson, teknisi operator tersebut hanya menjelaskan masalah yang terjadi tanpa memberikan solusi.

Kebanyakan ponsel saat ini memiliki sistem pelacakan lokasi yang seringkali menggunakan kombinasi satelit GPS dan men-triangulasi-kan sinyal antara menara seluler terdekat. Sayangnya lokasi yang ditemukan bukanlah tempat pasti melainkan hanya lokasi umum untuk memulai pencarian. Kebetulan rumah Dobson merupakan lokasi umum yang bisa terlacak.

Angkasa Pura 2
Pihak Sprint belum bisa mengubah teknologi tersebut. Satu-satunya yang bisa dilakukan Dobson adalah memasang papan notifikasi bahwa ‘Di rumah-nya tidak ada ponsel curian dan sebaiknya menghubungi kepolisian’.

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma