Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Telkom Gelar 100 ribu Akses WI-FI untuk Pendidikan

18:14:35 | 12 Nov 2012
Telkom Gelar 100 ribu Akses WI-FI untuk Pendidikan
(dok.)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerjasama dengan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)  siap menggelar 100 ribu  titik hotspot di sekolah-sekolah di Indonesia.

Kerjasama ini dimaksudkan agar sekolah-sekolah dapat memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada para siswa dan mempersempit kesenjangan kualitas pendidikan antara kota dan pelosok.

Kesepakatan untuk menggelar akses internet menggunakan teknologi Wi-Fi tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditanda-tangani bersama Direktur Enterprise & Telkom, M. Awaluddin dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Prof. Dr.Prof. Ainun Na’im,  Ph.D  disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh.

Melalui nota kesepahaman tersebut, Telkom dan Kemdikbud sepakat meningkatkan dan memperluas pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kegiatan pembelajaran dan layanan pendidikan lainnya kepada masyarakat.

Awaluddin berharap  melalui kerjasama ini Telkom mendukung pemerintah untuk meningkatkan dan memperluas pendidikan melalui penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi.

“Telkom siap menyediakan koneksi Internet broadband sebagai sarana komunikasi dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah,” ujar Pria  berkumis tebal ini.

Dijelaskannya, pada tahap awal kerjasama, Telkom memberikan akses internet terbaik, untuk digunakan sekolah-sekolah mengakses konten-konten edukasi, seperti Portal Rumah Belajar dan Kelas Maya ataupun konten edukasi lain, seperti TV Edukasi yang dimiliki Kemedikbud.

Dikatakannya, Telkom memberikan layanan berupa instalasi, akses Wi-Fi dan sosialisasi serta pengenalan internet kepada komunitas pendidikan yang menjadi obyek kerjasama.

Layanan yang diberi nama Indischool tersebut merupakan kepanjangan dari Indonesia Digital School, yaitu akses Wi-Fi yang terbesar di zona edukasi.

Group Head of Enterprise Services Telkom  Ilmianto menambahkan   melalui program Indischool diharapkan lebih banyak lagi sekolah yang terhubung dengan internet.

Paket Semangat Kemerdekaan
Menurutnya, Indischool sangat memudahkan bagi siswa dan guru mengakses internet. Caranya akses cukup mudah.  Dari Telkomsel & Flexi, cukup SMS ketik INDI FREE, atau INDI 1000 kirim ke 2323. Maka Indischool siap digunakan. Dengan dukungan dari Kemdikbud dan Dinas Pendidikan di tingkat propinsi, dan kota/kabupaten, Telkom berkomitmen menggelar Indischool di 100.000 sekolah sampai akhir 2013.

Program  Indischool merupakan bagian dari komitmen Telkom menggelar satu juta Wi-Fi di seluruh Indonesia.

“Harapan kami Indischool ini dapat diterima dengan baik oleh komunitas pendidikan dalam upaya bagi pengembangan dan pemerataan akses informasi dan pembelajaran online dari Kemdikbud,” ujar Ilmianto.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan