Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Telkom Realisasikan Pembelian Data Center Milik IBM

22:36:28 | 09 Okt 2012
Telkom Realisasikan Pembelian Data Center Milik IBM
Ilustrasi (Dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Isu yang beredar jelang tutup Agustus 2012 tentang niat  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membeli  data center   milik  IBM di Sentul, Jawa Barat, ternyata benar adanya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu ternyata telah menyelesaikan transaksi pembelian data center tier III-plus milik IBM itu pada Agustus lalu guna  memperkuat bisnisnya di industri  Teknologi Informasi (TI).

“Kita sudah beli data center milik IBM pada Agustus 2012. Soal nilainya tak bisa disebut,” ungkap Direktur IT Solution & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin (10/8).

Dijelaskannya, langkah perseroan membeli data center seluas 4 ribu meter persegi milik IBM sebagai bagian dari strategi memperkuat bisnis TI dan menambah pendapatan dari sektor tersebut.

“Kita punya rencana memperbesar kapasitas data center menjadi 24 ribu meter persegi. Salah satu caranya dengan akuisisi ini,” katanya.

Dikatakannya, untuk akusisi perseroan  menggunakan dana yang telah dialokasikan untuk aksi korporasi tersebut. “Alokasi untuk akuisisi itu sekitar Rp 1 triliun. Untuk membeli data center IBM tidak semua kita gunakan,” katanya.

Telkom sendiri di awal 2012 telah memiliki rencana untuk membangun dua data center dengan kategori Tier III plus yang akan dikelola TelkomSigma dengan investasi  Rp 700 miliar.

Namun, kabar terakhir menyatakan TelkomSigma  tengah menjajaki pinjaman dari perbankan senilai Rp 200 miliar guna membangun satu data center di kawasan Alam Sutera, Serpong.

Sedangkan satu data center lainnya dibiayai telah dibiayai Telkom dengan investasi  sebesar Rp 400 miliar .

Data center milik IBM  dikabarkan masuk kategori Tier III-plus karena memiliki suplai listrik  dua tempat berbeda.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma