Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Perangkat Terkoneksi Internet Capai 28 Miliar Unit

22:08:12 | 06 Okt 2012
Perangkat Terkoneksi Internet Capai 28 Miliar Unit
Ilustrasi (Dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Hasil  riset dari IMS Research memperkirakan pada akhir 2012 akan ada 9.6 miliar perangkat yang akan terkoneksi ke Internet.

Seperti dikutip dari Cellular News, seiring makin banyaknya perangkat yang dibuat terkoneksi ke internet, diperkirakan pada 2020 nanti perangkat yang saling terkoneksi satu sama lainnya melalui internet bisa mencapai  28 miliar unit.

Menurut riset tersebut, pencapaian angka 9.6 miliar, sekitar 75 % berasal dari perangkat yang selama ini memang telah terbiasa terkoneksi dengan internet seperti alat komunikasi, komputer,  dan perangkat elektronik.

Namun, pada 2020 nanti kontribusi dari perangkat tersebut akan turun menjadi 50% seiring sektor kesehatan, otomitif, dan industri terintegrasi dengan internet protocol (IP).

Associate Director dari IMS Research Bill Morelli menjelaskan, terdapat beberapa hal yang mendorong  banyak perangkat memiliki IP address. Misalnya, teknologi prosesor yang kian murah.

Faktor lainnya adalah transisi dari pengalamatan internet protocol version 4 (IPv4) ke  IPv6 yang memunculkan banyakanya IP address baru. Belum lagi penggelaran jaringan data dengan teknologi baru dari selular.

“Untuk perangkat consumer seperti tablet dan laptop, kecepatan adalah factor krusial untuk akses aplikasi streaming . Jika cloud computing digunakan sebagai basis aplikasi, rasanya kapabilatas jaringan berbasis LTE akan menjadi pilihan utama,” katanya.

Walau angka yang dipaparkan lumayan menjanjikan tentang perangkat akan saling terkoneksi,  IMS Research juga mengingatkan adanya ketidakpastian akan fenomena tersebut.

“Harus dilihat juga situasi ekonomi global, dua atau tiga tahun ke depan kondisi makro akan melambat yang bisa mempengaruhi  perkembangan dair  perangkat terkoneksi internet,” katanya.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma