Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Peringati Hari Batik ala Dunia Digital

23:01:04 | 29 Sep 2012
Peringati Hari Batik ala Dunia Digital
(dok.)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Pada  2009 yang lalu, Badan PBB Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, UNESCO, menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia dan  tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari Batik.

Pada 2012 adalah tahun keempat dari peringatan  hari Batik. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya karena  di dalamnya terdapat tradisi, dan kekayaan seni yang tak terhingga dari komunitas pembuatnya.

Dalam rangka menyebarkan rasa cinta kepada batik, seorang Batik Evangelist  Shinta Dhanuwardoyo membuat gerakan  #BatikDay, A Social Movement for Indonesia’s Heritage.

“Kami berhimpun dalam gerakan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2012 dan sekaligus untuk terus menyebarkan kecintaan akan batik Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan internasional,” kata wanita yang selalu berpenampilan ala sosialita ini melalui pesan singkatnya, Sabtu (29/9).

Dikatakannya,  pesan yang tertanam adalah bahwa batik dengan segala sejarah dan keunikannya adalah kekayaan luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia sehingga hal ini harus terus dilestarikan sebagai salah satu kekayaan dunia.

Shinta yang selama ini terkenal sebagai salah satu wanita yang aktif di dunia maya mengatakan,  gerakan yang dibuatnya akan dimulai melalui ranah digital yang bisa dengan sangat mudah diakses seluruh dunia menggunakan berbagai macam perangkat elektronik yang ada saat ini.

“Dengan mengajak berbagai pihak dan bahkan dari berbagai industri, kami akan menggulirkan pesan #BatikDay melalui web site, blog, aplikasi Facebook dan pembicaraan di Twitter,” katanya.

Diharapkannya,  kontribusi dari semua  pelaku dunia digital. Misalnya  media online dan portal   dengan mengubah tampilan halaman situs atau portal dengan nuansa batik.

Paket Phoenix
“Banyak pihak yang telah mengungkapkan keinginan untuk berpartisipasi, maka kami berniat untuk mengadakan pemilihan desain nuansa batik untuk media online dan portal yang berpartisipasi,” katanya.

Dijelaskannya,  public vote ini lebih bermaksud untuk menggulirkan pesan gerakan #BatikDay dan semua akan dikumpulkan di www.batikday.com. Pemenang Best Batik Cover Page akan mendapatkan hadiah dari Menteri BUMN  Dahlan Iskan.

“Saya tadi pagi ikut olahraga bersama pak Dahlan di Monas guna merekam testimoni beliau terkait kegiatan ini. Saya harapkan dari kegiatan Batik Day bisa membuat warisan budaya ini semakin dicintai masyarakat lokal dan internasional,”katanya.(ct)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan