telkomsel halo

Laporan langsung dari Kourou

12 jam lagi, Satelit Telkom 3S mengangkasa

16:11:12 | 14 Feb 2017
12 jam lagi, Satelit Telkom 3S mengangkasa
Satelit T3S (Arianespace)
KOUROU (IndoTelko) - Satelit Telkom 3S akan mengangkasa menuju slot orbit 118 Bujur Timur (BT) 12 jam lagi.

"Countdown untuk peluncuran satelit itu mulainya sekitar jam 6 pagi, diluncurkan sekitar jam 6 sore. Jadi ini sudah 12 jam menuju show time," ungkap Direktur Network, IT, & Solution Telkom, Abdus Somad Arief kepada IndoTelko di Kourou, Selasa (14/2) pagi atau Rabu (15/2) sore waktu Indonesia.

Diungkapkannya, empat jam sebelum peluncuran nantinya main booster dari roket Ariane 5 akan diisi bahan bakar hingga beberapa detik jelang peluncuran akan disetop. "Kita harapkan hingga lift off tak ada masalah," paparnya.

Asal tahu saja, Telkom 3S diluncurkan bersama dengan satelit Sky Brazil milik AT&T. Telkom 3S dengan bobot 3.5 ton berada di bawah sedangkan Sky Brazil dengan bobot 6 ton berada di atas. Tujuan akhir Telkom 3S adalah ke slot orbit 118 BT di ketinggian 35.000 km dari bumi.

Peluncuran satelit Telkom 3S dilakukan dari Kourou, French Guiana pada 14 Februari antara 16.39 dan 20.05 waktu setempat atau 15 Februari WIB sekitar jam 04.39 WIB oleh Arianespace.

Adapun tahapan peluncuran dari satelit Telkom 3S kurang lebih ada 4 tahap:

Tahap-1 menggunakan tenaga solid booster, dua roket lebih kecil yang ada di kiri dan kanan. Tahap ini akan membawa satelit sampai ketinggian 70 km selama lebih kurang 2 menit.

Tahap-2 menggunakan roket main stage, tabung tengah besar, membawa sampai ketinggian 200 km kurang lebih menit ke-8. Dari sini trajectory roket sudah tidak vertikal lagi tetapi mulai membentuk ellipse.

Tahap-3 menggunakan roket upper stage sebagai roket peluncur yang terakhir sampai di menit ke-27  dan dilanjutkan dengan separasi satelit. Satelit Sky Brazil yang berada di deck atas akan dilepas lebih dulu, sekitar 10 menit setelahnya baru Telkom 3S yang berada di deck bawah dilepas.

Selanjutnya dengan menggunakan roket di dirinya sendiri, Telkom 3S dan SkyBrazil akan meneruskan perjalanannya menuju ke orbitnya. (baca; Tahapan peluncuran T3S)

Namun, sebelum menuju orbit, satelit Telkom 3S akan transit di slot 135.5 Bujur Timur untuk pengetesan transponder C-Band. "Kita tak bisa tes C-Band di 118 Bujur Timur karena satelit Telkom 2 masih menempati slot itu. Di transit slot diperkirakan selama 10 hari, setelah itu ke 118 BT untuk tes transponder KU-Band," ungkap Kepala Proyek Satelit Telkom 3S, Tonda Priyanto.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year