telkomsel halo

AMD perluas portfolio prosesor EPYC dan AMD Ryzen AI mobile

06:15:00 | 12 Jun 2024
AMD perluas portfolio prosesor EPYC dan AMD Ryzen AI mobile
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) memberikan banyak manfaat di berbagai bidang. Studi dari survei baru para pemimpin TI global menemukan bahwa 3 dari 4 pemimpin TI optimis tentang potensi manfaat AI - dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis - dan lebih dari 2 dari 3 meningkatkan investasi dalam teknologi AI.

Kehadiran teknologi AI memberikan peluang positif bagi organisasi untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman. Melihat potensi AI yang sangat besar dan beragam khususnya di Indonesia memberikan peluang bagi pembagunan berkelanjutan, pengaruh sosial, dan tentunya ekspansi ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi AI secara optimal.

Namun, sisi lain dari penerapan AI ini adalah ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk dapat mengadopsi AI karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada. Untuk memastikan organisasi atau perusahaan memiliki platform komputasi terbaik dalam mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan solusi mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produk dari cloud hingga endpoint sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri terbuka- software standar.

Baru-baru ini AMD mengumumkan jajaran prosesor AMD Ryzen™ AI mobile dan desktop untuk segmen enterprise dan consumer mulai dari konten creator, desainer, gamer, bahkan hingga pelajar sekalipun, yang memberikan produktivitas lebih optimal dengan pengalaman teknologi AI canggih serta konektivitas premium. AMD Ryzen™ PRO 8040 Series baru adalah prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen™ PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah.

Selain itu, adapula Prosesor AMD EPYC™ 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC yang telah ada dengan penawaran baru biaya optimal dengan fitur kelas enterprise dan kinerja terdepan untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT. Untuk menjangkau segmen consumer, AMD menghadirkan AMD RyzenTM 8040 Series dengan dukungan AI- ready dan fitur-fitur baru lainnya untuk pembuatan konten, bermain game tanpa hambatan dan produktivitas harian dengan kinerja menakjubkan.

Fitur AMD Ryzen™ AI yang dibenamkan pada model-model prosesor tertentu menjadikan AMD semakin terdepan dalam kepemimpinan AI PC-nya. Dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, dengan hingga 16 NPU TOPS (Triliun Operasi Per Detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS.

PC komersial yang dilengkapi dengan prosesor baru berkemampuan AI Ryzen akan membantu mentransformasikan pengalaman pengguna, menawarkan kinerja generasi berikutnya untuk kolaborasi yang didukung AI, pembuatan konten, serta beban kerja data dan analitik.

Dengan tambahan teknologi AMD PRO, manajer TI dapat membuka fitur pengelolaan enterprise-grade untuk menyederhanakan operasiTI dan menyelesaikan penerapan PC lebih cepat di seluruh organisasi, fitur keamanan bawaan untuk pertahanan chip-ke-cloud dari serangan canggih, serta fitur keamanan yang belum pernah ada sebelumnya. stabilitas, keandalan, dan umur panjang platform untuk software perusahaan.

Menurut Managing Director, Sales, APAC, AMD, Peter Chambers, di AMD, ia percaya AI akan mendefinisikan era komputasi berikutnya, dan potensi sepenuhnya hanya dapat diwujudkan ketika teknologi tersebut tersebar luas mencakup cloud, edge, dan end point.

“Portofolio AI dan mesin komputasi umum kami yang bertenaga dan komperhensif untukdata center dan perangkat pengguna merupakan sebuah bukti dimana kami terus berusaha memenuhi kebutuhan para mitra dan pelanggan kami,” tambahnya.

CPU AMD EPYC 4004 Series

CPU AMD EPYC 4004 Series menawarkan kinerja tingkat enterprise, keandalan, skalabilitas, dan fitur keamanan modern yang didukung oleh arsitektur “Zen 4” yang sangat efisien. Server yang didukung oleh satu CPU AMD EPYC 4564P dapat memberikan peningkatan performa sebesar 1,8x per dolar CPU. Dengan teknologi handal yang mendukung data center paling menuntut di dunia, prosesor AMD EPYC 4004 Series menawarkan biaya akuisisi yang optimal untuk pelanggan di usaha kecil dan menengah yang ingin mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

Prosesor AMD EPYC 4004 Series diciptakan untukmenghadirkan komputasi serbaguna yang bertenaga dalam paket soket tunggal, memungkinkan konfigurasi skala rak, multi-node, dan tower berperforma tinggi di mana biaya sistem dan kendala infrastruktur lainnya menjadi pertimbangan penting disamping efisiensi dan faktor keamanan.

Solusi data center bertenaga AMD EPYC 4004 akan memberikan fleksibilitas. Para pengguna dapat memanfaatkan kinerja komputasi dan efisiensi energi dari prosesor-prosesor baru ini. Performa beban kerja dari 3U Micro Cloud Multi-Node Server Supermicro dan 1U,2U Mainstream Server Family yang ditenagai oleh CPU AMD EPYC 4004 Series, memberikan peningkatan nilai bagi pelanggan yang mencari solusi hemat biaya dan mudah diterapkan. Selain itu juga memperluas akses ke bisnis yang ingin mengoptimalkan hosting dan pengiriman konten, beban kerja cloud, dan banyak lagi.

Server bertenaga CPU AMD EPYC 4004 menawarkan keseimbangan yang menarik antara kinerja, skalabilitas, dan harga yang terjangkau. Memungkinkan beragam solusi perusahaan yang diterapkan secara luas, CPU AMD EPYC 4004 Series didukung oleh mitra terkemuka termasuk, Altos, ASRock Rack, Gigabyte, Lenovo, MSI, New Egg, OVHcloud, Supermicro dan Tyan.

Prosesor mobile AMD Ryzen PRO 8040 Series

Prosesor mobile AMD Ryzen PRO 8040 Series menawarkan kinerja pemrosesan yang sangat efisien dan tanpa kompromi untuk beban kerja bisnis dan AI yang paling intensif. Prosesor ini memiliki delapan core berkinerja tinggi, teknologi 4nm canggih, dan arsitektur “Zen 4” yang menawarkan gabungan kinerja 30% lebih baik untuk aplikasi workstation mobile yang paling menuntut.

Dengan AMD Ryzen AI pada model tertentu dan grafis AMD RDNA™ 3 yang kuat terintegrasi pada chip, seri terbaru ini menghadirkan kinerja hingga 72% lebih kencangdan daya 84% lebih sedikit untuk konferensi video dengan atau tanpa mengaktifkan pengalaman AI dibandingkan Intel Core Ultra 7 165U. Selain itu, PC yang bertenaga prosesor Ryzen PRO 8040 Series akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi WiFi-7, menawarkan konektivitas mutakhir dan menetapkan standar industri baru.

Di urutan teratas adalah AMD Ryzen™ 9 PRO 8945HS, dilengkapi dengan delapan core, 16 thread, cache 24MB, dan grafis Radeon™ 780M. Dirancang dengan kekuatan pemrosesan yang besar untuk aplikasi intensif sumber daya, dalam komputasi teknis, pembuatan konten multimedia, dan grafis diskrit, prosesor ini dapat menangani beban kerja yang menuntut grafis seperti rendering 3D, encoding video, dan pengeditan foto.

Desktop Bisnis AMD Ryzen PRO 8000 Series

Untuk para profesional bisnis di desktop, prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series menghadirkan mesin AI khusus pertama pada prosesor desktop tertentu untuk mendukung pengalaman AI yang imersif dengan kekuatan dan efisiensi luar biasa. Dengan delapan core “Zen 4” berperforma tinggi pada proses 4nm terdepan, Ryzen PRO 8000 Series menetapkan standar baru untuk kecepatan dan efisiensi daya dalam operasi bisnis sehari-hari. Desktop bisnis yang didukung oleh prosesorAMD Ryzen 7 PRO 8700G memberikan peningkatan kinerja hingga 47% dan kinerja grafis 3x lebih baik dalam pengujian tertentu dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 14700.

Desktop yang dilengkapi prosesor AMD Ryzen PRO 8000 Series mendukung DDR5 dan PCIe® 4 untuk transfer data secepat kilat, alur kerja lebih lancar, dan akses lebih cepat keaplikasi dan data penting bisnis, serta konektivitas generasi berikutnya dengan Wi-Fi 7 tersedia di pilihan tertentu model.

Seri teratas adalah prosesor AMD Ryzen 8700G, yang memberi pengguna delapan core berkinerja tinggi dan 16 thread, cache 24MB, dan grafis AMD Radeon 780M terintegrasi. Dalam pengujian kompetitif, AMD Ryzen 8700G menawarkan performa hingga 19% lebih baik dengan konsumsi daya lebih sedikit, memberikan para profesional performa yang dibutuhkan untuk setiap beban kerja.

AMD Ryzen™ PRO dan Ryzen™

Teknologi AMD PRO memberi pengguna fitur pengelolaan enterprise-grade; sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Principled Technologies menunjukkan bahwa manajer TI dapat menerapkan laptop bertenaga AMD hingga 41% lebih cepat dibandingkan laptop pesaing dan mengelolanya dalam skala besar dengan alat berbasis cloud seperti Windows Autopilot. Selain itu, teknologi AMD PRO menawarkan pendekatan keamanan berlapis yang kuat yang tertanam langsung pada hardware, pada sistem operasi, dan pada tingkatan sistem. Dengan dukungan mitra yang luas, teknologiAMD PRO membantu pengambil keputusan TI melampaui persyaratan keamanan modern dan memberikan perlindungan berkelanjutan kepada pengguna terhadap serangan canggih.

Selain itu, prosesor AMD Ryzen PRO memiliki prosesor keamanan Microsoft Pluton terintegrasi, yang memberikan perlindungan luar biasa dari chip hingga cloud. Hal ini membantu melindungi kredensial pengguna, identitas, data pribadi, dan kunci enkripsi pada PC Windows 11.

Pada akhir tahun 2024, lebih dari 150 ISV bertenaga AI diharapkan dapat memberikan pengalaman pada Ryzen AI. Pengguna bisnis dapat memanfaatkan Ryzen AI untuk membuat dokumen profesional, korespondensi, dan presentasi bisnis hanya dari beberapa poin penting, serta meringkas dan merespons email, sehingga menghemat waktu berharga sepanjang hari. Ryzen AI juga memungkinkan pengguna dengan asisten pribadi AI untuk membantu coding, berkolaborasi dengan alat yang didukung AI, dan menyempurnakan grafis dan video dengan fitur seperti penajaman dan penghilangan noise.

Mitra OEM AMD termasuk Advan, ASUS, HP, Lenovo, dan MSI juga menghadirkan laptop bertenaga AMD Ryzen™ 8040 Series, dengan kinerja luar biasa untuk semua pengguna consumer mulai dari gamer, profesional, dan konten kreator, serta memiliki kemampuan fitur AI- ready untuk pembuatan konten, bermain game yang mulus dan produktivitas harian dalam form factor on-the-go sehingga memberikan kemudahan portabilitas bagi pengguna saat aktivitas padat sekalipun. AMD Ryzen™ 8040 Series membantu menghadirkan PC AI baru kepasar dengan Ryzen AI NPU terintegrasi pada model tertentu.

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series memberikan komputasi gameplay berkualitas tertinggi selama berjam-jam tanpa penurunan kecepatan atau game stuttering. Prosesor AMD Ryzen™ dengan AMD RyzenTM AI menghadirkan performa dan efisiensi daya yang menambah pengalaman pengguna real-time sehingga lebih kaya dalam kolaborasi video, kreasi konten, produktivitas, game, perlindungan keamanan hingga penggunaan hybrid. Teknologi cerdas AMD Ryzen™ AI menjadikan CPU dan GPU terbebas dari segala beban kerja AI untuk mengerjakan aktivitas komputasi lainnya. Tak hanya itu, komputasi pemrosesan AI pada CPU atau GPU berteknologi prosesor AMD Ryzen™ secara cerdas memungkinkan perkerjaan AI dilakukan secara lokal pada perangkat pribadi tanpa memerlukan koneksi ke server yang menjalankan AI.

Prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series memberikan daya, efisiensi, kinerja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya mulai dari produktivitas sehari-hari hingga kreasi konten untuklaptop PC ultrathin dan daya baterai paling lama berkat fitur manajemen daya yang inovatif. AMD Ryzen 9 8945HS menawarkan pengeditan video hingga 64% lebih kencang dan rendering 3D hingga 37% lebih cepat dibandingkan kompetitor. Selain itu, para gamer dapat menikmati game hingga 77% lebih cepat dibandingkan kompetitor.

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series juga hadir dengan dukungan memori LPDDR5 yang canggih. Dengan prosesor baru ini, pengguna dapat memanfaatkan pengalaman virtual, bermain game, dan streaming yang imersif, serta percaya bahwa perangkat mereka mendukung kasus penggunaan AI yang menuntut namun tetap hemat energi. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year