telkomsel halo

MediaTek perkenalkan cipset chromebook, TV Pintar, dan layar

06:27:21 | 05 Jun 2024
MediaTek perkenalkan cipset chromebook, TV Pintar, dan layar
Kompanio 838 octa-core (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Di COMPUTEX 2024, MediaTek akan memamerkan produk-produk baru dan mendemonstrasikan teknologi yang menonjolkan kemampuan AI pada TV pintar, Chromebook, IoT, dan banyak lainnya. Selain itu, Wakil Ketua dan CEO Dr. Rick Tsai juga akan menyampaikan bagaimana MediaTek mulai fokus mengoptimalkan teknologi AI yang tersebar luas.

MediaTek akan meluncurkan dua cipset baru yang lebih kuat, termasuk dukungan penyempurnaan AI terkini di berbagai sektor, antara lain SoC Kompanio 838 untuk Chromebook premium dan SoC Pentonic 800 untuk TV pintar dan layar premium 4K.

Menurut Presiden dan COO MediaTek, Joe Chen, pada COMPUTEX tahun ini, pihaknya menonjolkan kekuatan Mediatek yang semakin berkembang pada produk menarik, seperti AI, otomotif, IoT, TV, Chromebook, konektivitas nirkabel, dan banyak lainnya. “Dengan peningkatan pengalaman pengguna pada cipset terbaru kami, ini kesempatan baik untuk menunjukkan pertumbuhan kami di segmen teknologi penting ini,” jelasnya.

Kompanio 838 octa-core menawarkan performa luar biasa dan kemampuan multitasking ke dalam SoC yang didesain untuk memungkinkan masa pakai baterai bertahan sepanjang hari pada Chromebook yang tipis dan ringan. Cipset baru ini mendukung DDR4 dan LPDDR4X untuk memenuhi persyaratan OEM yang lebih luas, dan menggandakan bandwidth memori dibandingkan generasi sebelumnya sehingga menyediakan throughput data yang jauh lebih besar.

Kompanio 838 mengaktifkan prosesor AI khusus, MediaTek NPU 650, untuk menyediakan fitur multimedia lebih interaktif dan berkualitas lebih tinggi serta hemat daya yang tak tertandingi. APU MediaTek juga dirancang untuk pemrosesan data gambar lebih bagus dan mampu mengeksekusi komputasi kompleks dengan cepat.

MediaTek Imagiq 7 series ISP generasi berikutnya juga dirancang guna menciptakan kualitas gambar HDR profesional, dukungan kamera ganda, dan pengambilan cahaya redup, sehingga kualitas foto dan video semakin bagus.

Di sisi lain, dengan decoding video AV1 perangkat keras, Kompanio 838 memungkinkan pengguna melakukan streaming konten 4K secara mulus, sekaligus meningkatkan kualitas gambar. Selain itu, cipset ini mendukung hingga dua layar 4K secara bersamaan untuk memberi pengguna lebih banyak tampilan riil.

Kompanio 838 juga mendukung teknologi MediaTek Filogic Wi-Fi 6 dan 6E untuk opsi konektivitas dual-band dan tri-band ke Chromebook dengan kecepatan hingga 1,9Gbps, sekaligus menyediakan konektivitas lebih andal berkat antena 2x2 dan keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3 mendukung.

Sementara, VP dan GM , ChromeOS, dan Google untuk Pendidikan, John Solomon mengatakan, keseimbangan antara kekuatan dan efisiensi yang dihadirkan Kompanio 838 pada Chromebook adalah poin penting dalam inovasi dalam portofolio kami, seiring upayanya menghadirkan komputasi yang kuat, terjangkau, dan mudah diakses oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia. “Bersama-sama, kami menghadirkan Chromebook tipis dan ringan dengan fitur AI yang bermanfaat bagi lebih banyak pelanggan,” ujarnya.

Sedangkan, Direktur Eksekutif dan General Manager Chromebook di Grup Pusat Inovasi Global dan Perangkat Cerdas Lenovo, Benny Zhang mengungkapkan, kebutuhan akan perangkat hemat daya yang mampu multitasking terus meningkat. Kami berkomitmen untuk memberdayakan para siswa dan guru dengan perangkat dan solusi teknologi yang meningkatkan pembelajaran di kelas dan di luar kelas.

“Lenovo dan MediaTek memiliki kemitraan jangka panjang yang berfokus memberikan kinerja dan nilai, dan kami berharap dapat menghadirkan cip seri Kompanio ke Chromebook Lenovo kami yang akan datang,” katanya.

Adapun MediaTek Pentonic 800 menghadirkan pengalaman video, audio, dan cloud gamingterbaik di kelasnya. SoC ini ideal untuk berbagai layar 4K, seperti TV pintar, monitor pintar, layar komersial, dan layar besar yang tertanam. Dibandingkan dengan cip generasi sebelumnya, prosesor AI MediaTek ini menawarkan pemrosesan AI 50 persen lebih cepat dan mengurangi pemakaian bandwidthhingga 60 persen. APU yang kuat ini mendukung beragam teknologi tampilan yang didukung AI MediaTek, seperti AI-Super Resolution 3.0, AI-Contrast 2.0, AI-Picture Quality Scene Recognition 2.0+, dan AI-Picture Quality Object Recognition 2.5+.

Teknologi-teknologi ini secara signifikan telah mengalami peningkatan, seperti peningkatan kualitas gambar, dan menghilangkan noise, serta banyak penyempurnaan lainnya untuk streaming dan bermain game. Untuk lebih mengoptimalkan gaming, Pentonic 800 mendukung variabel refresh rate (VRR) hingga 4K2K 165Hz.

Selain itu, mesin decoding video perangkat keras Pentonic 800 mendukung key codecpopuler seperti HEVC, AV1, AVS3 High Profile, dan VVC (H.266) untuk pemutaran video 4K berkualitas tinggi. Cip ini juga mendukung MEMC, TCON, dan audio resolusi tinggi. Oleh karenanya, para OEM produsen memiliki fleksibilitas untuk menambahkan solusi konektivitas Wi-Fi Filogic MediaTek untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi andal dengan latensi rendah. Selain itu, solusi kombo Filogic Wi-Fi/Bluetooth dari MediaTek memberikan konektivitas tanpa batas antara layar dan periferal, seperti pengontrol gamedan headset nirkabel.

Selama Computex, MediaTek akan mengadakan pameran di stan pribadi, menunjukkan bagaimana perusahaan menghadirkan kecerdasan di mana saja mulai dari dari Chromebook hingga perangkat IoT, ponsel cerdas, TV pintar, router, tablet, kendaraan, dan lainnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year