telkomsel halo

Seagate tawarkan volume Ramp Hard Drive 30Tb

05:27:00 | 27 Jan 2024
Seagate tawarkan volume Ramp Hard Drive 30Tb
Mozaic 3 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan dunia di bidang solusi penyimpanan data besar, Seagate® Technology Holdings mengumumkan pencapaiannya yang menandai era baru industri penyimpanan.

Perusahaan ini meluncurkan platform hard drive Mozaic 3+â„¢ yang menyertakan implementasi teknologi HAMR (Heat-Assisted Magnetic Recording) yang merupakan terobosan terbaru dari Seagate. Peluncuran ini menandai densitas area yang tak tertandingi, yakni 3 TB+ per platter dan perencanaan untuk mencapai 4 TB+ dan 5 TB+ per platter dalam beberapa tahun mendatang.

Platform Mozaic 3+ mendukung rangkaian produk Exos® unggulan dari Seagate, dengan titik kapasitas terdepan di industri yang baru saja diumumkan, yakni 30 TB dan lebih. Produk Exos 30 TB+ mulai dikirimkan dalam jumlah besar pada kuartal ini kepada pelanggan cloud hyperscale.

Inovasi densitas area dari Seagate yang meningkatkan jumlah bit yang dapat disimpan dalam platter mengatasi permasalahan yang sering terjadi di industri ini. Mozaic 3+ memungkinkan pelanggan menyimpan lebih banyak data di ruang yang sama dibandingkan sebelumnya.

Peningkatan dari hard drive PMR (perekaman magnetik tegak lurus) konvensional 16 TB (kapasitas rata-rata di pusat data berskala besar) menjadi hard drive Exos 30 TB berteknologi Mozaic 3+ secara efektif menggandakan kapasitas dalam dimensi yang sama.

Platform ini menggunakan komponen yang hampir sama dengan hard drive PMR sekaligus meningkatkan kapasitas secara drastis, sehingga memungkinkan pusat data menurunkan biaya akuisisi dan operasional penyimpanan secara signifikan, termasuk peningkatan penggunaan daya per terabyte sebesar 40%. Mozaic 3+ juga dapat membantu pelanggan mencapai tujuan keberlanjutan yang merupakan prioritas utama untuk pusat data berskala besar, yakni dengan menawarkan pengurangan jumlah karbon terkandung per terabyte sebesar 55% (saat membandingkan hard drive Mozaic 3+ 30 TB dengan hard drive PMR 16 TB biasa).

Perusahaan ini menerima permintaan dalam jumlah besar dari pelanggan pusat data yang diharapkan dapat menyelesaikan kualifikasi Mozaic 3+ dan mulai meningkatkan volume ramp pada akhir kuartal ini. Penyedia layanan cloud terkemuka ini berfokus untuk meningkatkan penggunaan hard drive yang disediakan Seagate ke Mozaic 3+, mencerminkan keyakinan mereka terhadap teknologi ini.

Dikatakan CEO Seagate, Dave Mosley, Seagate merupakan satu-satunya produsen hard drive di dunia yang memiliki kemampuan densitas area mencapai 3 TB per platter dan akan mencapai 5 TB pada masa mendatang.

"Seiring meningkatnya penggunaan AI yang mengutamakan kumpulan data mentah, semakin banyak perusahaan yang perlu menyimpan sebanyak mungkin data yang dapat mereka simpan. Untuk mengakomodasi data yang sangat besar, densitas area menjadi sangat penting."

"Platform Mozaic 3+ mewakili lebih dari sekadar teknologi HAMR," kata Mosley. "Platform ini terdiri atas beberapa inovasi terdepan di industri yang telah kami integrasikan untuk membantu meningkatkan densitas area," jelasnya.

Sementara, Wakil Direktur Penelitian IDC Global DataSphere, John Rydning mengungkapkan, peningkatan densitas area hard drive sangat penting secara ekonomis dan efisien untuk memperluas basis penyimpanan berkapasitas besar berbasis hard drive yang terpasang, terutama di pusat data.

"Terobosan densitas area inovatif dari Seagate sangat tepat waktu dan akan memungkinkan Seagate menghadirkan produk hard drive dengan kapasitas yang semakin tinggi selama bertahun-tahun," katanya.

Selain untuk pusat data, teknologi penyimpanan Mozaic 3+ akan memungkinkan berbagai macam kasus penggunaan, mulai dari pasar enterprise, tepi jaringan, NAS, serta aplikasi video dan pencitraan (VIA). (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year