telkomsel halo

Bisnis Cloud Metrodata merekah di kuartal I 2023

03:00:00 | 22 Apr 2023
Bisnis Cloud Metrodata merekah di kuartal I 2023
JAKARTA (IndoTelko) Pendapatan bisnis cloud services dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) melonjak 87% YoY pada kuartal I tahun ini, seiring tren pergeseran minat perusahaan-perusahaan terhadap layanan Cloud serta meningkatnya kepedulian kepada dunia maya.

MTDL selaku perusahaan penyedia solusi digital dan inovator teknologi terkemuka di Indonesia, terus bertransformasi secara digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang di era pasca-pandemi. Terkait itu, Perseroan mengalami pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan pada unit usaha Solusi dan Konsultasi MTDL, khususnya di sektor institusi keuangan, sektor publik, telekomunikasi, dan manufaktur.

"Kami berkomitmen untuk memberikan solusi digital terbaik untuk membantu klien kami beradaptasi dengan lanskap digital yang selalu berubah. Fokus kami pada unit Solusi dan Konsultasi telah menghasilkan pertumbuhan yang signifikan dalam menyediakan solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelanggan korporat seperti cloud hyperscaler, keamanan siber, platform bisnis digital, serta langganan perangkat lunak dan SaaS," kata Presiden Direktur Metrodata Susanto Djaja.

Dari delapan pilar solusi digital Perseroan, pada kuartal I ini tiga pilar memimpin dengan tingkat pertumbuhan pendapatan yang signifikan, yaitu Cyber Security, Cloud Services dan Digital Business. Adapun secara keseluruhan, pendapatan dari delapan pilar solusi digital MTDL pada periode ini tumbuh 40% YoY. Ke delapan pilar solusi digital tersebut adalah Cloud Services, Data & AI, Hybrid IT Infrastructure, Cybersecurity, Business Application, Digital Business Platform Consulting & Advisory Services, dan Managed Services.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh meningkatnya penyediaan TIK pelanggan korporasi antara lain layanan cloud hyperscaler dari para mitra global seperti Azure, AWS, Google Cloud; layanan cybersecurity, digital business platform, dan software subscription dan SaaS. Secara umum, Perseroan melihat bahwa telah terjadi pergeseran kebutuhan pasar dari kebutuhan terhadap perangkat keras digital atau hardware kepada kebutuhan akan layanan Cloud.

Seiring dengan tren perusahaan yang semakin melek digital tersebut, pada 11 April 2023 lalu, salah satu entitas anak MTDL, PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) membuka Cisco Meraki Experience Center di Jakarta dan Surabaya. Cisco Meraki adalah sebuah solusi jaringan yang berbasis cloud yang dimiliki oleh Cisco Systems dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang dapat dikonfigurasi dan dikelola secara online, seperti wireless access point, switch Ethernet, security appliance, kamera keamanan, dan manajemen perangkat mobile.

"Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kami terus beradaptasi dan bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami melihat pertumbuhan yang cukup signifikan pada unit usaha Solusi dan Konsultasi, sehingga optimis bahwa kebutuhan TIK akan terus berkembang dan MTDL akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Susanto Djaja.

Namun, penjualan sektor konsumer unit bisnis distribusi mengalami kontraksi karena telah terpenuhinya sebagian besar kebutuhan TIK perorangan pascapandemi. Dalam hal ini, sektor konsumer berkontribusi hingga 50% terhadap pendapatan bisnis distribusi Perseroan. MTDL yakin kebutuhan TIK perorangan akan terus berkembang dan akan memerlukan pembaharuan di masa mendatang, sehingga akan terjadi pemulihan kebutuhan TIK.

Dari sisi kinerja keuangan, Perseroan mencatatkan penurunan penjualan dan laba bersih pada kuartal I 2023. Namun, Susanto optimis permintaan TIK akan terus tumbuh dan mengarah pada pemulihan pada kuartal berikutnya. Total penjualan Perseroan pada kuartal I-2023 sebesar Rp 4,5 triliun, turun sebesar 12,8% YoY, sedangkan laba bersih tercatat sebesar Rp 146,4 miliar, turun sebesar 11,0% YoY.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year