telkomsel halo

Mengenal Ekrutes.id

12:48:00 | 06 Mar 2023
Mengenal Ekrutes.id
JAKARTA (IndoTelko) - Ekrutes.id adalah platform management talent yang berfokus pada pengembangan alat asesmen seperti psikotes online.

Ekrutes.id menjadi solusi segala kebutuhan psikotes untuk individu, perusahaan, dan institusi pendidikan.

Salah satu keunggulan alat tes Ekrutes.id terutama tes IQ WMS adalah untuk mengetahui potensi seseorang dan membantu memberikan rekomendasi pekerjaan atau karir yang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Tes IQ WMS adalah tes intelegensi yang dikembangkan oleh tim R&D Ekrutes.id dan sudah disesuaikan dengan demografi dan kebudayaan di Indonesia.

Human resources kini lebih mudah melakukan psikotes untuk bisa menemukan kandidat yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

"Psikotes adalah langkah awal yang penting bagi perusahaan atau HR untuk lebih mengenal kandidat, banyak turnover yang terjadi di perusahaan saat ini karena ada ketidakcocokan antara atasan dengan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang," kata CEO Ekrutes.id Hartono Chandra.

Biasanya kendala perusahaan tidak melakukan psikotes pada proses hiring adalah karena keterbatasan waktu dan biaya, saat melakukan psikotes offline, perlu waktu lama untuk menunggu hasil psikotes, belum lagi biaya psikotes untuk satu orang kandidat cukup mahal.

Psikotes online di EKRUTES.ID, paperless, real time, dan efisien, serta yang paling penting sangat terjangkau. Meskipun dilakukan secara online, peserta tes tidak bisa melakukan kecurangan karena EKRUTES.ID memiliki Cheating Prevention System, yaitu fitur snapshot yang secara otomatis akan mengaktifkan kamera dan mengambil foto yang ada di depan kamera (mode selfie).

Perusahaan juga bisa memanfaatkan fitur EKRUBOX, sistem AI yang bisa memberikan rekomendasi talent berdasarkan hasil psikotes dan memberikan rekomendasi posisi yang sesuai. Kami ingin EKRUTES.ID berkontribusi untuk membantu perusahaan mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas."

Ada berbagai macam asesmen yang bisa digunakan oleh perusahaan, ada tes intelegensi atau tes IQ, tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepercayaan diri, tes kepuasan hidup, tes gaya belajar, dan tes minat bakat.

"Semua validitas dan reliabilitas masing-masing alat tes telah diuji sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan dalam ilmu psikologi, untuk bisa memenuhi standar minimal alat tes yang valid dan reliabel setidaknya dibutuhkan poin 0.6 pada saat pengujian, dan semua alat test di EKRUTES.ID memiliki poin 0.8 dan 0.9. Tidak hanya itu, semua alat tes di EKRUTES.ID telah sesuai dengan kaidah dan etika psikologi, EKRUTES.ID memberikan intruksi pengerjaan tes yang jelas dan akurat, sehingga peserta tes bisa membaca, mengikuti, dan mengerjakan tes sesuai dengan kajian-kajian etika psikologi. Perusahaan atau HR akan lebih mudah mendapatkan kandidat yang tepat untuk posisi yang tepat dengan mengetahui aspek psikologis seorang kandidat," kata Psikolog sekaligus Chief Research and Development of Ekrutes.id Sandi Kartasasmita.

Psikotes juga bisa digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat dan bebas bias saat menghadapi dinamika bisnis seperti efisiensi. EKRUTES.ID juga mempermudah setiap orang untuk dapat lebih memahami diri sendiri dengan melakukan psikotes secara mandiri.

Chief Marketing Officer Ekrutes.id Kristin Tan menambahkan perseroan memiliki 3 entitas, yaitu perusahaan, institusi pendidikan, dan talent. "Selain membantu HR, kami memiliki visi menjadi wadah atau service yang komprehensif bagi masyarakat," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year