telkomsel halo

IDCloudHost sediakan layanan cloud terjangkau

06:11:00 | 13 Feb 2023
IDCloudHost sediakan layanan cloud terjangkau
JAKARTA (IndoTelko) - Menghadapi resesi ekonomi yang digadang-gadang akan terjadi tahun ini perlu diantisipasi dengan memaksimalkan potensi usaha UMKM. Pengembangan UMKM dan pasarnya masih sangat besar.

Data Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) UMKM di tanah air mengalami pertumbuhan yang sangat baik sepanjang tahun 2022, mencapai 8,71 juta UMKM.

Kiprah UMKM ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk IDCloudHost.

IDCloudHost mengambil peran untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM dengan mengembangkan berbagai layanan cloud untuk membantu UMKM dalam melakukan digitalisasi, sehingga mereka dapat hadir secara online dan memperluas akses pasar domestik maupun internasional.

CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas Sakawiguna mengatakan, IDCloudHost mendorong UMKM untuk mempercepat upaya digitalisasi, baik dari sisi pemasaran maupun operasional, sehingga, meskipun pertumbuhan ekonomi di Indonesia sedang kuat, namun tetap tidak boleh business as usual. “Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, semua pihak, termasuk pelaku usaha, khususnya pelaku usaha UMKM, harus melakukan bisnis dengan cara yang tidak biasa. IDCloudHost menyediakan berbagai layanan cloud kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat dengan cepat melakukan digitalisasi dan memperbesar volume bisnis mereka di pasar domestik maupun pasar ekspor, sekaligus meningkatkan efisiensi di berbagai sistem operasional", katanya dalam keterangan tertulisnya.

Data Kementerian Keuangan, UMKM menyumbang 90% dari kegiatan bisnis dan lebih dari 50% lapangan kerja secara global. Artinya, UMKM Indonesia memiliki potensi untuk menghindarkan negara dari resesi di masa depan.

Dengan dukungan pemerintah, diharapkan para pelaku usaha semakin bersemangat untuk terus berkembang bahkan bertransisi ke era digital.

Belakangan ini, layanan cloud banyak digunakan oleh pelaku usaha. Mereka lebih memilih fleksibilitas dan kenyamanan layanan cloud untuk penyimpanan data, pemrosesan, dan kolaborasi dibandingkan penyimpanan pada hard drive komputer atau laptopnya.

Layanan cloud memungkinkan penggunanya mengakses dan menyimpan aplikasi dan datanya secara online. Jika saat ini pengguna pribadi telah menggunakan layanan penyimpanan cloud publik, maka perusahaan pengguna dapat menggunakan layanan cloud.

Cloud menawarkan banyak manfaat bagi pelaku usaha UMKM, seperti kolaborasi yang lebih baik, akses yang mudah, dan kecepatan serta keamanan.

Alfian menambahkan, untuk ruang kerja digital, UMKM dapat menggunakan layanan cloud seperti nextcloud, yang mencakup fitur-fitur seperti penyimpanan file, kolaborasi, dan penyimpanan data operasional. Selain itu, kehadiran online melalui website bagi pelaku UMKM sangat penting di era digital karena memungkinkan calon pelanggan dari seluruh dunia dapat dengan mudah menemukan mereka. “Paket-paket web hosting IDCloudHost mulai dari Rp.50.000 per bulan. IDCloudHost, menawarkan juga layanan VPS (virtual private service) bagi para startup untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi mereka. Selain menyediakan berbagai layanan cloud bagi usaha UMKM, kami juga menyediakan layanan email hosting dengan domain pilihan sendiri, agar UMKM tampil profesional. Semua layanan ditawarkan dengan harga yang terjangkau," jelasnya.

Sedangkan untuk pengguna layanan public cloud VPS, guna melengkapi jangkauan, selain menempatkan server di Jakarta, untuk menjangkau pasar internasional, IDCloudHost juga menyediakan fasilitas server di Singapore.

Tercatat hingga kini, 73,7% masyarakat Indonesia telah memiliki akses internet. Hasil seminar UMKM Go Digital Virtual Expo tahun lalu, diketahui sebanyak 40% pelaku UMKM menggunakan media sosial, 38% menggunakan pesan instan, 13% menggunakan e-commerce, dan 5% menggunakan ride hailing. (tep)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year