telkomsel halo

GoTO akan segarkan jajaran pengurus

11:49:00 | 09 Feb 2023
GoTO akan segarkan jajaran pengurus
JAKARTA (IndoTelko) - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) ingin mengubah susunan pengurus melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023, dengan agenda yang mencakup di antaranya pengajuan perubahan jajaran Dewan Komisaris, Direksi, serta penunjukan Komisaris Independen baru.

Dengan persetujuan para pemegang saham pada RUPSLB, GoTo akan memperkuat serta memperkaya keberagaman Dewan Komisarisnya.

Perseroan akan mengajukan: Agus D. W. Martowardojo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan.
Marjorie Lao untuk menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Patrick Sugito Walujo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan.

Winato Kartono untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan. Winato adalah Founding Partner Provident, dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di sektor perbankan dan pengelolaan bisnis. Winato mengawali karirnya di Bank Sumitomo Niaga, kemudian beralih ke Arthur Andersen Indonesia, sebelum bergabung ke Citigroup. Di Citigroup, Winato membangun karirnya selama delapan tahun hingga menjabat Head of Investment Banking di Indonesia.

Kevin Aluwi akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Perseroan. Beliau tetap merupakan pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) Perseroan.

Anthony Wijaya akan mengundurkan diri dari jabatan Direksi GoTo dan akan berfokus pada strategi e-commerce GoTo sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.

Perseroan juga menominasikan dua kandidat untuk Direksi:
Pablo Malay sebagai Direktur/Chief Corporate Officer, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Development, Partnership, dan Legal.

Nila Marita, sebagai Direktur/Head of External Affairs, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Affairs serta Public Policy and Government Relations.

"Sebuah kehormatan bagi kami menyambut pencalonan Bapak Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo. Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GoTo melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas," kata Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo.

GoTo menambahkan jabatan Presiden di dalam struktur organisasinya untuk memimpin masing-masing unit bisnis On-Demand Services, E-Commerce, dan Financial Technology.

Melissa Siska Juminto, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Chief Human Resources Officer GoTo dan Chief Operating Officer Tokopedia, akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis E-Commerce GoTo dan tetap memegang jabatannya sebagai Direktur/Chief Human Resources Officer di GoTo.

Catherine Hindra Sutjahyo, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis On-Demand Services GoTo.

Hans Patuwo, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Head of Payments and Financial Services GoTo, akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis Financial Technology.

Pada saat yang sama, William Tanuwijaya akan bertransisi dari tanggung jawab eksekutifnya di Tokopedia dan mendedikasikan waktunya secara penuh di Grup GoTo. William akan terus menjalankan fungsinya di Dewan Komisaris GoTo, sebagai Co-Chairman bersama dengan Garibaldi Thohir, dan akan berperan aktif dalam mendukung manajemen GoTo untuk implementasi strategi bisnis jangka panjang Perseroan.

Perseroan juga melakukan penyesuaian pada struktur kepemimpinannya untuk memperkuat proses pengambilan keputusan dan mempercepat pelaksanaan strategi:

Perseroan akan membentuk Divisi Teknologi (Technology Office) baru, yang bertugas untuk membangun perangkat platform teknologi (engineering platform tools) yang dapat diaplikasikan di seluruh Grup guna mempercepat inovasi dan integrasi, serta mengurangi biaya. Direktorat ini akan dikepalai oleh Severan Rault, Chief Technology Officer (CTO) Gojek, yang akan mengemban jabatan baru sebagai CTO GoTo.

Perseroan juga akan membentuk Shared Consumer Platform, sebuah direktorat yang bertugas untuk mempercepat dan memastikan terbentuknya pengalaman konsumen yang seragam di seluruh ekosistem GoTo (One GoTo experience). Chief Product Officer Tokopedia Ramesh Gururaja, akan mengemban tugas tambahan memimpin Divisi Shared Consumer Platform ini.

GoTo juga telah mengawali proses rasionalisasi logistik pengiriman dan pemenuhan (fulfillment) di Gojek dan Tokopedia melalui GoTo Logistics. Kevin Widlansky, CEO Swift Fulfillment and Logistics, anak usaha dari GoTo, akan mengepalai GoTo Logistics.

Fungsi Hubungan Investor akan dikonsolidasikan di bawah Jacky Lo, Direktur/Chief Financial Officer GoTo, dengan tanggung jawab yang lebih luas, yaitu untuk membina hubungan baik dengan para investor dan penjadwalan pelaporan kinerja GoTo secara rutin.

Presiden Grup GoTo, Patrick Cao, akan bertransisi menuju peran baru, yakni mengepalai GoTo Future Fund, dana abadi yang akan fokus pada inisiatif keberlanjutan untuk mendukung tercapainya komitmen keberlanjutan Tiga Nol GoTo pada tahun 2030 yaitu nol emisi karbon, nol sampah dan nol hambatan.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year