telkomsel halo

Intel luncurkan prosesor 4th Gen Xeon Scalable

07:58:02 | 12 Jan 2023
Intel luncurkan prosesor 4th Gen Xeon Scalable
JAKARTA (IndoTelko) - Intel meluncurkan produk terpenting dalam sejarah perusahaan, prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable (dengan nama kode Sapphire Rapids). Bersamaan itu pula, Intel meluncurkan Intel Xeon CPU Max Series (dengan nama kode Sapphire Rapids HBM) dan Intel Data Center GPU Max Series (bernama kode Ponte Vecchio).

Peluncuran ketiganya untuk memberikan lompatan dalam hal kinerja, efisiensi, keamanan, dan kemampuan baru untuk AI, cloud, jaringan dan edge data center, serta superkomputer terkuat di dunia bagi para pelanggan.

Melalui 4th Gen Xeon, Intel memberikan diferensiasi solusi dan sistem dalam skala besar untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terbesar mereka. Pendekatan unik Intel untuk akselerasi yang mengutamakan beban kerja untuk tujuan tertentu dan software sangat dioptimalkan untuk beban kerja tertentu memungkinkan perusahaan-perusahaan memberikan kinerja yang tepat dengan daya yang tepat untuk total cost of ownership secara keseluruhan yang optimal.

Prosesor 4th Gen Xeon memberikan berbagai fitur untuk mengelola daya dan kinerja kepada pelanggan, sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan sumber daya CPU untuk membantu mereka mencapai tujuan keberlanjutan mereka.

Menurut Executive Vice President dan General Manager Datacenter dan AI Group Intel Sandra Rivera, peluncuran prosesor 4th Gen Xeon Scalable dan keluarga produk Max Series adalah momen penting dalam mendorong perubahan haluan Intel, sehingga menghidupkan kembali jalan Intel menuju kepemimpinan di data center dan mengembangkan keahlian Intel di arena-arena baru.

“Intel 4th Gen Xeon dan keluarga produk Max Series menghadirkan sesuatu yang benar-benar diinginkan pelanggan kinerja dan keandalan terdepan dalam lingkungan yang aman untuk kebutuhan-kebutuhan nyata mereka mempercepat penciptaan nilai dan mendorong laju inovasi mereka,” katanya.

Dibangun berdasarkan inovasi dan kepemimpinan di bidang data center, jaringan, dan intelligent edge selama puluhan tahun, prosesor 4th Xeon yang baru menghadirkan kinerja terdepan dengan akselerator paling integrasi dibanding CPU manapun di dunia untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terpenting yang dihadapi para pelanggan di area AI, analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan HPC.

Saat dibandingkan dengan Xeon generasi sebelumnya, pelanggan 4th Gen Intel Xeon akan merasakan peningkatan efisiensi performance per watt rata-rata 2,9x pada beban kerja yang ditargetkan ketika memanfaatkan akselerator yang terintegrasi, penghematan daya hingga 70-watt per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan performance loss yang minimal, dan TCO yang lebih rendah antara 52% hingga 66%.

Di sisi AI prosesor 4th Gen Xeon mencapai inferensi real-time PyTorch dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel Advanced Matrix Extension (Intel AMX) terintegrasi hingga lebih dari 10x. Intel 4th Gen Xeon membuka tingkat kinerja baru untuk inferensi dan pelatihan di berbagai beban kerja AI. Xeon CPU Max Series memperluas kemampuan ini untuk natural language processing, yang dengan ini para pelanggan akan merasakan peningkatan kecepatan large language model hingga 20x. Dengan hadirnya rangkaian software AI Intel, para developer dapat menggunakan tool AI pilihan mereka, sekaligus meningkatkan produktivitas dan mempercepat waktu pengembangan AI.

Intel 4th Gen Xeon menawarkan keluarga prosesor yang secara khusus dioptimalkan untuk jaringan berkinerja tinggi, latensi rendah, dan beban kerja edge. Prosesor ini adalah bagian penting dari fondasi yang mendorong masa depan yang diatur oleh software (software-defined) untuk beragam industri mulai dari telekomunikasi dan retail hingga manufaktur dan smart city. Untuk beban kerja inti 5G, akselerator terintegrasi membantu meningkatkan throughput dan mengurangi latensi, sementara kemajuan dalam manajemen daya meningkatkan responsivitas dan efisiensi platform.

Sedangkan, Xeon CPU Max Series adalah prosesor berbasis x86 pertama dan satu-satunya dengan memori bandwith yang tinggi, sehingga dapat mengakselerasi banyak beban kerja HPC tanpa memerlukan perubahan kode. Intel Data Center GPU Max Series adalah prosesor berdensitas paling tinggi di Intel dan akan tersedia dalam beberapa form factor untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda.

Sementara Data Center GPU Max Series mengemas lebih dari 100 miliar transistor ke dalam paket 47-tile, sehingga menghadirkan tingkat throughput baru untuk beban kerja yang menantang seperti fisika, layanan keuangan, dan ilmu hayati. Ketika dipasangkan dengan Xeon CPU Max Series, kombinasi platform itu mencapai kinerja lebih besar hingga 12,8 kali dibandingkan generasi sebelumnya, ketika menjalankan simulator dinamik molekular LAMMPS.

Dengan 4th Gen Xeon, Intel menghadirkan portofolio confidential computing paling komprehensif dibandingkan penyedia data center silicon di di industri. Hal ini meningkatkan keamanan data, mematuhi berbagai regulasi, dan kedaulatan data. Intel masih menjadi satu-satunya silicon provider yang menawarkan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX), yang memberikan ruang serangan terkecil saat ini untuk confidential computing di lingkungan private cloud, public cloud, dan cloud-to-edge. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik