telkomsel halo

Trafik data XL naik 50% saat libur Nataru

07:45:00 | 04 Jan 2023
Trafik data XL naik 50% saat libur Nataru
JAKARTA (IndoTelko) Sepanjang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sukses mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data.

Pada libur Nataru tahun ini terjadi lonjakan kenaikan trafik data hingga 29% dibandingkan saat yang sama tahun lalu, sebesar 8% jika dibandingkan dengan hari normal.

Sementara, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal. Sesuai prediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sedangkan trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.

Dikatakan Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, jauh-jauh hari XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023. “Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru ditengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun,” katanya.

Ditambahkannya, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan XL tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Tercatat pula, tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8% dibandingkan hari normal. Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut, naik 29%, lalu Kabupaten Cianjur, naik 26%, Kabupaten Bogor, 24%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22%, selanjutnya provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21% dan berikutnya propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah 19%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21% dibandingkan hari normal, dan di alun alun Solo naik hingga 90%, serta Lombok naik 25%.

Secara keseluruhan trafik layanan data selama libur Nataru didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, Game serta web browsing. Layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%.

Sementara pantauan dari sejumlah platform media sosial popular tercatat, trafik Facebook meningkat sebesar 9%, Twitter 6%, Instagram 19%. Sedangkan layanan berbagi video, trafik YouTube meningkat 24%, Tiktok 22%. Dan layanan pesan, trafik WhatsApp naik 39% dan Telegram 737%.

Tercatat pula trafik hiburan, streaming music, game, streaming film, dan layanan peta, dimana layanan Spotify naik 3%, Joox naik 2%, game Mobile Legends sebesar 35%, dan Free Fire naik 78%. Layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70%, Disney+ 36%, Vidio 5%, WeTV 55%, dan Amazon Prime Video 61%. Trafik Google Maps meningkat sebesar 42%, Waze GPS meningkat sebesar 40% dan Apple Map sebesar 21%.

Keberadaan jaringan data yang berkualitas oleh XL sangat berperan mendukung proses digitalisasi di berbagai bidang, sekaligus mempermudah masyarakat luas dalam meningkatkan literasi digital. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year