telkomsel halo

Smartphone sultan ini siap (lanjut) bersaing di 2023

07:17:00 | 02 Jan 2023
Smartphone sultan ini siap (lanjut) bersaing di 2023
JAKARTA (IndoTelko) - Di tengah isu resesi global tahun ini, pergerakan bisnis ponsel cerdas alias smartphone di Tanah Air justru sangat pesat. Hal ini terlihat banyaknya smartphone premium yang meluncur ke pasar.

Tidak sekedar ditawarkan, peminat dari berbagai smartphone premium ini pun tidaklah sedikit. Terlihat kala produk tersebut pertama kali diluncurkan dan dibukanya penjualan pre order.

International Data Corporation (IDC) pada kuartal ketiga menyebutkan, terjadi peningkatan penjualan signifikan di ponsel kelas atas yang berharga di atas Rp.6 juta. Dan persaingan penjualan pun tentunya akan berlanjut di tahun ini.

Fitur andalan
Secara umum, berbagai vendor menyodorkan smartphone dengan mengandalkan teknologi multimedia terutama kamera. Selain itu, jaringan 5G tak luput jadi salah satu niulai jual, meski jaringan tersebut belum secara penuh bisa dinikmati di Tanah Air.

Bicara desain, hampir tidak ada yang menarik dari tampilan fisik ponsel-ponsel tersebut, kecuali Samsung yang menyuguhkan perangkat lipat yang kecenderungannya lebih feminim di seri Z flip nya. Atau keluarga seri lipat lainnya Z fold.

Berikut beberapa smartphone premium yang diluncurkan tahun 2022 :
Samsung Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4
Vendor ponsel asal Korea Selatan ini menjadi yang terdepan dalam menawarkan smartphone. Samsung Galaxy Z yang ditawarkan. Ada 2 seri yang jadi andalan, Z Flip4 dan Z Fold4.

Desainnya trendi dan futuristik. Menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin bergaya namun tak ketinggalan teknologi.

Jeroannya disuntik mesin Snapdragon 8+ Gen 1, dengan RAM 8GB dan berbagai pilihan ROM, mulai dari 128 GB hingga 512 GB. Harga bandrol termurah yang ditawarkan mulai dari Rp. 13.999.999.

Samsung Galaxy S22 Ultra
Samsung juga punya andalan smartphone di kelas yang sama dengan bentuk flagship. Seri Galaxy S22 Ultra. Tampilannya kali ini lebih mirip dengan seri note yang juga dibekali tongkat untuk menulis alias stylus pen.

Mesin alias prosesor yang dibenamkan sama dengan seri Z, yakni Snapdragon 8 gen 1 dengan kinerja yang tak perlu diragukan lagi. Pun pilihan RAM dan ROM nya, bisa dipilih sesuai kebutuhan dan tentu saja kemampuan daya beli. pasalnya harga bandrol termurah seri ini adalah Rp. 16.499.000 kala perdana diluncurkan.

iPhone 14 Pro Max
Nah di kelompok berbeda ada iPhone. Apple menjadi primadona pula bagi pengguna ponsel kelas atas Tanah Air. Bahkan pengguna dan pecinta merek ternama asal Amerika Serikat ini sepertinya sulit pindah ke lain hati. Ini pula yang membuat Apple terus bertahan di pasar ponsel lokal.

Iphone 14 Pro Max adalah perangkat paling mutakhir dan jadi andalan Apple akhir tahun lalu. Harganya pun tembus di atas Rp. 21 jutaan. Ini untuk harga dengan fitur atau teknologi terendah yang ditawarkan, yakni RAM 6 GB serta ROM 128 GB.

Chipset yang dibenamkan pada seri ini adalah A16 Bionic dengan sistem operasi paling baru iOS 16.

Xiaomi 12 Pro
Brand Xiaomi juga memiliki satu smartphone premium yang diandalkan untuk bersaing di papan atas. Adalah Xiaomi 12 Pro.

Bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 sebagaimana yang digunakan ponsle kelas atas milik Samsung, dengan kombinasi RAM 12 GB dan ROM 256 GB.

Andalan Xiaomi 12 Pro ini ada pada triple kameranya berkualitas 50 MP dengan sensor IMX707. Selain itu, daya pengisian baterainya sebesar 120 watt sehingga proses charging berlangsung lebih cepat. Masalah harga, Xiaomi dihargai Rp.12.499.000.

Realme GT 2 Pro
Tak mau kalah dengan Xiaomi. Realme pun punya produk premium yang ditawarkan. Seri GT 2 Pro.

Uniknya, selain teknologi yang jadi andalan, Realme GT 2 Pro ini menawarkan desain yang premium dengan menggunakan bahan ramah lingkungan yakni Polimer Bio. Realme GT 2 Pro ini dirancang khusus oleh Naoto Fukasawa, dan disebutkan menggunakan material yang menurunkan 63 persen emisi karbon. Desainnya mengunggulkan tekstur dengan paper tech design.

Teknologi yang ditawarkan adalah chipset Snapdragon 8 gen 1 dan dikombinasikan RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Tak sampai di situ, Realme juga membekali kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX 766 OIS. Harga bandrolnya tergolong lebih murah dibanding kompetitornya, masih di bawah 10 jutaan, yakni Rp. 9.999.000

Vivo X80
Vivo pun demikian. Menawarkan smartphone premium dengan andalan kamera dan masih menggandeng perusahaan lensa Zeiss Profesional. Adalah seri vivo X80 Pro.

Vivo satu ini juga dibekali chipset snapdragon 8 Gen 1 untuk chipset utama dan chipset khusus visual keluaran vivo yakni V1+. Selain itu, tenaga betareinya dibekali pengisian cepat 80 W yang jadi tambahan nilai jual. bandrol smartphone Vivo ini diangka Rp.15.999.000.

Oppo Find X5 Pro
Pabrikan asal Tiongkok lainnya pun tak mau kalah. Oppo menawarkan seri Find X5 Pro.

Persis seri-seri sebelumnya, Find X5 Pro juga menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan kombinasi RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Dukungan kamera hasil kolaborasi dengan Hasselblad jadi nilai jual lainnya.

Pabrikan Oppo membandrol Find X5 Pro dengan harga di atas kompetitornya dari Realme dan Xiaomi, yakni Rp14.999.000.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik