telkomsel halo

Kemendikbud pesan laptop intibook

10:51:33 | 27 Nov 2022
Kemendikbud pesan laptop intibook
BANDUNG (IndoTelko) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tercatat sebagai pembeli perdana laptop buatan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (INTI). Pembelian produk bernama “intibook” tersebut merupakan wujud nyata dukungan instansi pemerintah terhadap program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Pada tahap perdana, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah melakukan pembelian “intibook” untuk dipergunakan pada Desember 2022 yang merujuk pada Surat Perintah Kerja Nomor tentang Paket Pekerjaan Peralatan Perkantoran (Inventaris) tertanggal 22 November 2022. Targetnya, inisiasi dukungan terhadap penggunaan alat olah data buatan PT INTI (Persero) itu akan berlanjut secara berkesinambungan pada tahun anggaran 2023.

“Alhamdulillah intibook, salah satu inovasi INTI mendapat support penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini merupakan dukungan nyata entitas pemerintah dalam mewujudkan kemandirian industri dalam negeri,” ungkap Direktur Utama INTI Edi Witjara.

Pada tahun 2023, PT INTI (Persero) siap menyediakan 60.000 perangkat intibook dengan kapasitas produksi sebesar 5.000 unit per bulan.

“Komitmen INTI terhadap peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) telah dieksekusi dengan mempertajam performansi kinerja perusahaan melalui 10 genuine products yang memiliki TKDN dan BMP di atas 40%. Produk tersebut yaitu Chromebook, Modem 4G, Access Router, Personal Computer All in One, Surveillance Camera, KTP Reader, Set Top Box INTI DVBT2, Laptop, Satellite Modem, serta Radar Hujan Santanu,” katanya.

Tercatat, laptop intibook saat ini memiliki TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar 48,73%. Angka ini ditargetkan dapat terus meningkat sejalan dengan peta jalan TKDN 2022-2025 yang telah ditetapkan perusahaan.

Harapannya, konsistensi PT INTI (Persero) untuk terus menghasilkan produk buatan industri dalam negeri, secara spesifik akan mendukung program pemerintah melalui makin beragamnya produk lokal yang handal, kemandirian teknologi dalam negeri, dan meningkatnya daya saing Indonesia di kancah global, terutama dalam penguasaan teknologi untuk pasar lokal.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year