telkomsel halo

Multipolar Technology Tawarkan Cisco Meraki untuk Permudah Manajemen Jaringan Berbasis Cloud dalam Single Dashboard

08:02:49 | 25 Okt 2022
Multipolar Technology Tawarkan Cisco Meraki untuk Permudah Manajemen Jaringan Berbasis Cloud dalam Single Dashboard
JAKARTA (IndoTelko) – Memasuki era new normal, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja Work from Anywhere (bekerja dari mana saja). Hal ini tentunya harus didukung konektivitas yang stabil, cepat, dan aman. Mengelola perangkat jaringan seperti wireless, switching, dan security agar terjamin andal dan aman, masih mudah dilakukan jika berada di satu titik lokasi. Namun, bagi perusahaan yang memiliki puluhan bahkan ratusan cabang yang tersebar di berbagai lokasi, hal ini menjadikan pengelolaan network semakin kompleks. 

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan yang menghabiskan sumber daya TI hanya untuk pengelolaan perangkat jaringan di pusat maupun cabang. Konfigurasi perangkat yang masih manual dan dilakukan satu per satu, tentunya memakan waktu serta rentan akan terjadinya kesalahan. Tim TI harus mendatangi tiap lokasi cabang untuk memastikan seluruh perangkat berjalan stabil dengan kinerja yang baik. 

Untuk mengatasi hal tersebut, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology) menawarkan solusi berbasis cloud Cisco Meraki untuk memudahkan dan mengoptimalkan pengelolaan perangkat network yang tersebar di berbagai lokasi. Solusi ini mampu mengelola perangkat network (routing-switching, wireless, security, dan SD-WAN) secara terpusat. Konfigurasi yang dulu harus dilakukan di site, kini bisa kapan dan di mana saja lewat layanan cloud – baik via website maupun aplikasi di smartphone, lengkap dengan dashboard untuk memudahkan monitoring dan memastikan perangkat berjalan dengan optimal. 

"Saat perusahaan dengan puluhan cabang dilanda krisis koneksi internet, bandwidth penuh, menghabiskan sebagian besar waktu untuk pemeliharaan jaringan, maka Cisco Meraki bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini dikarenakan Cisco Meraki memudahkan pengelolaan jaringan yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun karena berbasis internet," ujar Ivan Fernando, Division Head Network Multipolar Technology.

Penggunaan Cisco Meraki diklaim cukup efisien. Selain memiliki fitur yang lengkap, mulai dari SD-WAN, firewall, sampai IDS/IPS, monitoring dalam satu box Cisco Meraki juga bisa dilakukan limitasi akses user, sehingga akses dan pemakaian bandwidth dapat dikontrol tanpa perlu banyak device.

"Konfigurasi dan monitoring bisa di single dashboard, jadi bisa diakses di mana saja dan kapan pun. Tak perlu di pusat. Hal ini dikarenakan Cisco Meraki telah mengimplementasikan platform cloud sebagai controller dashboard. Apalagi saat ini Meraki sudah Wi-Fi 6 ready," ujar Ivan.

Cisco Meraki kini hadir dengan pilihan Meraki Sensors untuk memonitor suhu, humidity, atau movement, dan dilengkapi Secure Access Service Edge (SASE) untuk keamanan optimal, serta Wi-Fi 6 ready untuk layanan network kelas enterprise guna mendukung transformasi digital. Menurut Ivan, Cisco Meraki juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin. Yang terpenting, tambahnya, pengelolaan sudah terpusat di cloud sehingga dapat dilakukan di mana saja, termasuk di site, dan tidak harus berada di kantor pusat.

Ada beragam keuntungan dari pemanfaatan solusi cloud seperti Cisco Meraki. Salah satunya adalah kita bisa lebih berfokus bisnis yang dijalankan lantaran produk ini dapat dikonfigurasi secara cloud. Informasi lebih lanjut silakan klik https://bit.ly/MLPTCiscoMeraki. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year