Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Telkom serius konsolidasikan IndiHome dengan Telkomsel

11:10:54 | 19 Sep 2022
Telkom serius konsolidasikan IndiHome dengan Telkomsel
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) mulai serius untuk menggarap Fixed Mobile Convergence (FMC) dengan menggabungkan layanan fixedbroadband IndiHome ke seluler Telkomsel.
 
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Indonesia Heri Supriadi mengatakan saat ini proses konsolidasi kedua entitas akan melalui sejumlah tahapan.

"Kita lebih katakanlah merger secara teknologi, operasi, dan pelayan bagi konsumen kita, terutama di di Telkomsel maupun seluruh potensial addressable household market (AHM) yang mana memiliki sekitar 60 juta sampai 70 juta AHM untuk diberikan broadband konektivitas kepada mereka," ujar Heri dalam paparannya pada Public Expose Live 2022 di Jakarta, Jumat (16/9).
 
Heri menilai angka tersebut memberikan gambaran akan potensi market yang masih sangat besar bagi Telkom maupun pemain lain di industri ini. Oleh karenanya, Heri mengatakan Telkom tengah mempersiapkan produk dan model operasi untuk para pelanggan ke depan setelah penggabungan dua anak usaha ini tuntas.

"Proses integrasi pada saat ini kita sedang fine tuning di operasi modelnya, produk-produk yang akan kita provide nantinya kepada market yang akan dijalankan pada saat kita pasca merger atau setelah integrasi," lanjut Heri.

Mengenai valuasi, Heri belum dapat berbicara banyak mengingat terdapat pemegang saham minoritas seperti Singtel. Heri menilai proses valuasi dan transaksi antara Telkom dengan Singtel baru akan dilakukan saat proses penentuan model operasi sudah selesai.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
"Nantinya akan dilakukan valuasi secara fair value dengan seluruh tata kelola yang kita pastikan sesuai dengan ketentuan yang ada agar ini terjadi fairness dalam valuasinya. Kita harapkan antara akhir tahun atau awal tahun bisa kita selesaikan," kata Heri.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengungkapkan, prosesnya sedang berjalan. “Kita harapkan milestone akan terjadi di tahun depan, ini akan melalui governance yang diperlukan termasuk beberapa persetujuan yang harus dilalui,” katanya.

Bakti
Dijelaskannya, Telkom mengharapkan merger ini terjadi secara soft landing sehingga tidak memberikan dampak yang signifikan baik ke pelanggan maupun ke potensial pelanggan. Adapun, nantinya segmen konsumer akan dikelola oleh Telkomsel.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year