Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Peran Brand Ambassador untuk tingkatkan brand awareness

08:28:00 | 16 Jul 2022
Peran Brand Ambassador untuk tingkatkan brand awareness
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  --  Saat ini, kita semakin sering disuguhkan iklan-iklan dari berbagai brand yang menampilkan sosok artis ternama. Baik itu artis nasional, maupun internasional. Tidak sedikit brand yang menggunakan artis yang dicintai publik sebagai wajah dari brand mereka.

Tidak hanya artis nasional, sekarang ini sudah banyak brand yang memiliki brand ambassador dari luar negeri. Salah satu yang sedang marak digunakan oleh brand Indonesia adalah artis-artis dari Korea Selatan.

Pemilihan selebriti dari Korea Selatan sebagai brand ambassador yang dilakukan beberapa brand Indonesia akhir-akhir ini cukup menarik perhatian. Dari mulai brand makeup dan perawatan kecantikan, teknologi, e-commerce, hingga kebutuhan sehari-hari, kini berlomba-lomba menggunakan mereka sebagai brand ambassador.

Demam artis Korea yang mendunia dan juga merambah ke Indonesia, dimanfaatkan oleh beberapa brand untuk meningkatkan jangkauan pasar produk mereka menjadi semakin luas. Belum lagi, loyalitas fans dan pendukung para artis Korea menjadi pertimbangan utama bagi brand untuk memilih artis tersebut.

Secara sukarela, para fans dan pendukung artis Korea akan membeli bahkan ikut mempromosikan produk yang diiklankan oleh idolanya. Hal tersebut berkaitan dengan kepercayaan mereka terhadap sang idola yang berlanjut pada produk yang dipromosikan. Selain itu juga didorong oleh hasrat dan keinginan para fans agar idolanya selalu sukses dalam segala hal, termasuk dalam hal mempromosikan produk sebagai brand ambassador.

Brand Ambassador yang Dekat dengan Target Pasar
Pemilihan artis sebagai brand ambassador suatu brand atau produk tentu tidak bisa sembarangan. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Dikutip dari Forbes, brand ambassador sebaiknya adalah seseorang yang dekat dengan target pasar dari brand atau produk tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Niagahoster dalam memilih brand ambassador yang berasal dari kalangan pengembang website dan sejalan dengan misi Niagahoster untuk mengenalkan website dan potensi internet ke masyarakat luas.

“Visi kami adalah membuat semua orang di Indonesia bisa memiliki website yang bermanfaat. Dalam usaha tersebut, kami bekerjasama dengan salah satu sosok berpengaruh di kalangan pengembang website di Indonesia dan menjadikannya brand ambassador,” ujar Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster.

Selain itu, saat ini brand tidak bisa hanya mengandalkan produknya, tapi juga bagaimana brand tersebut bisa bercerita lewat konten atau iklan. Brand ambassador pun menjadi bagian dari cerita yang ingin disampaikan oleh brand pada konsumen sebagai subyek nyata yang tidak hanya sekadar produk abstrak.

Merambah Unique Audiens yang Belum Terjangkau
Memilih brand ambassador dari kalangan artis juga menjadi strategi bagi brand untuk merambah audiens yang sebelumnya tidak terjangkau hanya lewat iklan atau strategi marketing lain. Fans artis yang berasal dari berbagai kalangan, akan menambah unique audiens dan memperluas jangkauan brand awareness.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Artis memiliki jangkauan yang luas karena fans dan pendukungnya yang berasal dari berbagai kalangan dan wilayah. Fans dan pendukung artis tersebut pun cenderung mempercayai brand yang dipromosikan artis kesayangan mereka.

Namun, dilansir dari Forbes, sebenarnya brand ambassador terbaik adalah konsumen yang benar-benar puas dengan produk atau jasa dari brand yang pernah mereka gunakan. Mereka secara sukarela akan merekomendasikan produk tersebut dari mulut ke mulut atau menggunakan kekuatan media sosial ke audiens yang lebih luas.

Bakti
Memiliki brand ambassador juga bisa menjadi sarana feedback pengembangan produk bagi suatu brand. “Sehingga, brand bisa terus melayani para pelanggan dengan baik sesuai dengan visi dan misinya,” tutup Ayunda. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year