telkomsel halo

Venteny masuki usia ke-7, catat pertumbuhan positif

05:03:00 | 23 May 2022
Venteny masuki usia ke-7, catat pertumbuhan positif
JAKARTA (IndoTelko) - Venteny, perusahaan pencipta inovasi teknologi employee happiness, mencapai usia ke-7. Lahirnya perusahaan ini atas inisiasi yang diawali dari pengalaman Jun Waide, Founder dan Group CEO Venteny saat berkarir di Amerika Serikat dan Filipina. 
 
Di Filipina, Jun melihat karyawan mengalami demotivasi dan cenderung punya loyalitas rendah pada perusahaan karena mereka tidak mendapatkan benefit yang sesuai kebutuhan dan kesempatan berkembang dari perusahaan. Berangkat dari pengamatannya tersebut, maka Jun memutuskan untuk mendirikan Venteny pada tahun 2015 dan telah membuktikan bahwa adanya potensi pasar yang besar dan kesuksesannya dalam bisnis baru ini di Filipina dan Singapura. Sedangkan Venteny memulai ekspansi bisnisnya di Indonesia pada tahun 2019.
 
Jun mengatakan, “Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar, dengan lebih dari 200 juta populasi, 69%-nya adalah penduduk usia produktif. Namun, tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia masih lebih rendah dari rata-rata negara ASEAN." 
 
Menurutnya,  tantangan lainnya adalah jumlah lulusan perguruan tinggi juga masih terbatas, hanya sekitar 9.7% dari total penduduk usia 15 tahun ke atas pada tahun 2019. "Kami memilih memandang situasi tersebut sebagai room for improvement, dan percaya perlu ada sistem yang disruptif dan cepat sebagai solusi alternatif,” katanya.
 
Ditambahlannya, dalam meningkatkan produktivitas SDM yang nantinya akan berdampak pada perekonomian nasional, Venteny lahir untuk memberikan kebutuhan employee dan employer yang selama ini tidak terpenuhi karena sistem atau kapasitas yang terbatas. "Perusahaan kerap terkendala kebijakan manajemen dan modal dalam memberikan benefit yang maksimal pada karyawan. Sementara karyawan, perlu memastikan dirinya aman secara finansial dan pengembangan karir agar bisa terus berkarya dan bertahan di satu perusahaan.” ujarnya.
 
Tercatat per Maret tahun ini, Venteny telah membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 200% di tahun 2021, dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan pengguna segmen Business-to-Business (B2B) mencapai 161,61%. Saat ini, Venteny sudah memiliki lebih dari 200 corporate partners yang menaungi sekitar lebih dari 200.000 karyawan yang otomatis menjadi penerima benefit dari Venteny. 
 
Selain segmen B2B, Venteny juga akan terus mengoptimalisasi layanannya ke segmen Business-to-Business-to-Employee (B2B2E) pada tahun 2022 ini. Jumlah user download turut meningkat pesat hingga 500% semenjak aplikasi diluncurkan di iOS pada November 2021. 
 
Venteny juga memiliki layanan yang menyasar UMKM, agar mereka dapat memiliki akses finansial dan mengembangkan bisnisnya. Selama enam bulan terakhir, Venteny telah berhasil mengalami kenaikan persentase UMKM yang telah dibantu pembiayaannya sebanyak 308 persen, dengan kenaikan jumlah pendanaan hingga 835 persen. 
 
Perusahaan ini juga juga aktif dalam memberikan pendampingan bagi UMKM melalui berbagai acara komunitas dan pelatihan, seperti acara edukasi untuk para perempuan pemilik UMKM se-Jawa Timur, yang bertujuan untuk membantu digitalisasi bisnis hingga pembelajaran mengenai akses permodalan yang tepat untuk tiap bisnis. (ak)
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year