telkomsel halo

Sennheiser luncurkan XSW IEM teranyar

04:33:41 | 10 May 2022
Sennheiser luncurkan XSW IEM teranyar
JAKARTA (IndoTelko) - Salah satu elemen penting dalam meningkatkan kualitas audio terdapat pada sistem in-ear monitoring (IEM) yang digunakan. Sennheiser, perusahaan manufaktur sistem Evolution Wireless IEM, hari ini meluncurkan produk XS Wireless IEM (XSW IEM)terbarunya yang diperuntukan bagi para musisi yang ingin menjadikan penampilan mereka lebih profesional, dengan beralih dari speaker monitor lantai (floor wedges) ke IEM nirkabel. 

Perangkat ini merupakan set perlengkapan untuk kebutuhan monitor audio personal, yang dirancang sebagai standar baru dalam in-ear monitoring (IEM) yang mudah, fleksibel dan andal. Sistem pada XSW IEM memungkinkan pengguna untuk mengatur koneksi nirkabel pada UHF skala profesional dengan mudah dan cepat. 

Menurut Product Manager Sennheiser, Bertram Zimmermann, apapun genre musiknya, baik untuk berlatih maupun tampil live, XSW IEM akan meningkatkan kualitas audio serta memberikan kebebasan dalam bergerak. “Bisa memonitor audio Anda dengan jelas merupakan langkah awal dari sebuah pertunjukan yang hebat. XSW IEM akan memberikan hasil audio yang berkualitas, konsisten dan andal, sehingga Anda bisa fokus dalam memberikan penampilan musik terbaik,” katanya.

“Ketika para musisi sudah mulai mencoba IEM nirkabel, mereka tidak akan mau lagi menggunakan speaker monitor floor wedges karena kualitas suaranya sangat jauh berbeda. Mendengarkan audio Anda melalui speaker monitor lantai, side fill atau bahkan monitor PA personal terkadang bisa menyulitkan. Suara yang dihasilkan bisa jadi kurang stabil, terutama ketika Anda tengah bergerak aktif, dan seringkali kualitas audio di masing-masing tempat pertunjukan pun berbeda,” jelasnya.
 
Ditambahkannya, beberapa orang biasanya mencoba untuk mengatasi kesulitan ini dengan membesarkan volume audio pada speaker monitornya. Namun, hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan, bahkan merusak pendengaran. Selain itu, kualitas suara yang didengar oleh para penonton pun dapat menurun secara signifikan.

Semua kendala tersebut dapat mempengaruhi latihan atau penampilan seorang musisi karena adanya kesulitan dalam mendengar audio mereka sendiri maupun anggota band lainnya. IEM dapat membantu mereka mengatasi tantangan ini. XSW IEM memungkinkan kualitas audio yang konsisten dan andal, di mana pun posisi Anda ketika berada di atas panggung. Suara yang jelas dan jernih dapat membantu Anda mengolah suara vokal maupun instrumen musik yang dimainkan, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas penampilan Anda. Selain itu, risiko terjadinya suara feedback dari speaker pun dapat diminimalisir.

XSW IEM memanfaatkan frekuensi UHF agar dapat menghasilkan koneksi nirkabel yang profesional. Setelan frekuensi yang telah disesuaikan dengan perhitungan yang tepat memungkinkan para musisi untuk dapat menggunakan produk ini dengan mudah dan cepat. Apabila dibutuhkan, frekuensi transmisinya pun dapat disesuaikan secara manual. 

Tampilan lampu pada bodypack receiver dan pemancar rack-mount dapat memudahkan pengguna untuk melihat posisi setelan, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk sekalipun. Selain itu, sistem pada XSW IEM pun menyediakan fitur pembatas suara untuk melindungi pendengaran dan pilihan peningkatan frekuensi tinggi agar dapat mengoptimalkan kejernihan dan kejelasan audio.

Dalam memonitor audio, pengguna dapat menggunakan pengaturan mono (pengaturan tunggal dengan panel kontrol yang menyesuaikan volume pada telinga kanan dan kiri) atau pengaturan stereo. Pengaturan stereo tersedia dalam dua pilihan, yakni: Pertama, dengan mematikan mode Fokus sehingga panel kontrol akan mengubah volume pada telinga kanan dan kiri; Kedua, dengan menyalakan mode Fokus untuk menentukan signal mana yang akan terdengar lebih keras guna menciptakan pengaturan mono yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. XSW IEM pun dilengkapi dengan sensor inframerah untuk membantu mengsinkronisasikan berbagai bodypack receiver dengan sebuah pemancar tunggal.

XSW IEM dibanderol dengan harga ritel Rp12.094.000 (MSRP), serta receiver dan pemancar tambahan masing-masing di harga Rp7.047.000 (MSRP).

XSW IEM tersedia dalam lima jenis rentang frekuensi UHF yang selaras dengan rangkaian produk mikrofon nirkabel dan pemancar instrumen seri XSW (silakan mengacu pada Data Teknis di bawah). Produk ini akan mulai tersedia di Indonesia pada 24 Mei mendatang (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year